3 Cara Ini Bisa Bantu Bentuk Mental Kuat

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 14 November 2022
0 dilihat
3 Cara Ini Bisa Bantu Bentuk Mental Kuat
Memiliki mental yang kuat tidak terjadi begitu saja, tapi membutuhkan usaha tertentu. Foto: Repro google.com

" Memiliki mental yang kuat menjadi idaman setiap orang. Namun hal itu tidak terjadi begitu saja, tapi perlu usaha agar mental bisa kuat "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki mental yang kuat menjadi idaman setiap orang. Namun hal itu tidak terjadi begitu saja, tapi perlu usaha agar mental bisa kuat.

Dikutip dari gramedia.com, kesehatan mental merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dijaga. Tapi sayangnya, banyak orang yang masih memiliki mental yang lemah, sehingga mereka mudah mengalami stres, sulit mengatur emosi, dan bahkan depresi.

Oleh karena itu, memiliki mental yang kuat bisa membuat kita terhindar dari risiko gangguan mental di atas.

Baca Juga: 3 Tips Jitu agar Tidak Mudah Pikun

Melansir yoursay.id, berikut cara yang bisa kita terapkan untuk mempunyai mental yang kuat:

1. Bersyukur dengan hal-hal kecil

Hal sekecil apapun seharusnya kita mensyukurinya. Kita senang karena memilikinya dan tidak menuntut lebih. Jika tidak seperti ini, maka kita akan terus-terusan merasa kurang. Sulit mencapai kebahagiaan dan menganggap semuanya tidak berarti.

Jadi, mempunyai mental yang kuat juga dimulai dari diri sendiri. Mulai sekarang mulailah meluaskan rasa syukur dan jangan menuntut hal-hal yang terlalu besar.

2. Jangan mengunggulkan emosi saat ada masalah

Setiap ada masalah maka pikirkan dengan logika. Jika kita memilihnya dengan emosi, hal itu bisa menjadi berantakan.

Seringkali marah-marah dalam menyelesaikan suatu persoalan. Jadi, sebisa mungkin kamu harus meredam emosimu. Terutama saat keadaan sedang mengujimu. Karena pikiran dan logika masih bisa diatur.

Tapi jika perasaan emosional, kita menjadi kurang tepat dalam mengambil keputusan. Jadi, bijak bijaklah dalam menyikapi semua keadaan.

Ada beberapa yang memang harus melibatkan perasaan. Tapi ada juga yang jangan sampai melibatkan perasaan. Karena perasaan yang mendahului logika seringkali keputusan yang dibuat kurang tepat. 

Baca Juga: 4 Tips Mudah Agar Tidak Dibenci Tetangga

3. Selalu siap dengan kegagalan

Tiap-tiap kegagalan jangan takut untuk mengangkat kembali menjadi keberhasilan. Jadi, kita harus mempersiapkan mental dulu saat kita sudah mulai berusaha melangkah. Karena pasti di tengah-tengah hal itu ada yang namanya kegagalan dan kita tidak boleh menyerah saat mengalaminya.

Nah, saat kita sudah siap dengan kegagalan, maka hal itu bukan lagi menjadi masalah besar. Mereka tidak akan membiarkan usaha besar mereka kalah hanya dengan satu kegagalan. 

Itulah beberapa tips agar kita bisa memiliki mental yang kuat. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga