3 Cara Jitu Membangun Personal Branding Kamu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 21 Desember 2022
0 dilihat
3 Cara Jitu Membangun Personal Branding Kamu
Setiap orang perlu memiliki personal branding agar dapat dengan mudah dikenal orang lain. Foto: Repro google.com

" Personal brand menjadi penting untuk dimiliki setiap orang, agar bisa memberikan pengaruh pada orang lain "

KENDARI, TELISIK.ID - Personal brand menjadi penting untuk dimiliki setiap orang, agar bisa memberikan pengaruh pada orang lain.

Dikutip dari merdeka.com, personal branding adalah sebuah strategi untuk membangun citra diri yang kuat di tengah masyarakat. 

Personal branding dapat diartikan sebagai upaya seorang individu dalam mempromosikan atau memasarkan pengalaman, karir dan juga dirinya sendiri sebagai merek.

Setiap orang perlu memiliki personal branding agar dapat dengan mudah dikenal orang lain. Dalam dunia bisnis, personal branding sangat dibutuhkan karena memiliki pengaruh yang besar terhadap produk atau jasa yang dihasilkan. 

Baca juga: 50 Ide Nama Korea untuk Kucing Peliharaan

Semakin kuat personal branding yang dimiliki perusahaan, maka daya jualnya juga semakin tinggi.

Untuk membangun personal brand ini ada beberapa cara yang harus dilakukan.

Melansir yoursay.id, berikut jitu cara membangun personal branding yang mudah Telisikers bisa terapkan:

1. Menjadi Diri Sendiri

Meskipun ingin menciptakan citra yang mengesankan, tidak berarti kamu dapat menjalani kehidupan dengan menjadi orang lain.

Karenanya untuk membangun personal branding, kamu harus menjadi diri sendiri dalam versi terbaikmu. Hal ini merupakan hal yang sangat penting agar orang lain dapat mengenali kemampuan, kelebihan, maupun kekurangan yang ada pada dirimu. 

Berusahalah agar kamu memaksimalkan potensi yang dimiliki tanpa harus ‘memakai pakaian’ orang lain. Yang artinya kamu tak perlu bersikap berbeda dari dirimu yang sesungguhnya. 

Meskipun di saat tertentu kamu perlu mengubah gaya hidupmu, tapi pastikan bahwa kamu melakukannya sesuai dengan kemauan diri sendiri. Buatlah dirimu merasa nyaman tanpa ada tekanan dan tak perlu menjadi pribadi yang berbeda.

2. Fokus pada Kekuatan yang Dimiliki

Kamu harus tahu bidang mana yang kamu kuasai, apa yang memotivasimu, dalam hal apa kamu merasa senang mengerjakan sesuatu, dan biasanya orang lain sering meminta bantuan padamu dalam urusan yang seperti apa.

Semua hal tersebut saling berkaitan untuk mengetahui ‘kekuatan’ yang kamu miliki.

Setelah mengetahui kekuatan ataupun kemampuan yang kamu kuasai, kamu harus fokus untuk mengembangkannya.

Dengan begitu kamu akan dikenali oleh banyak orang dengan citra tersebut. 

3. Menentukan Target Audiens

Sebelum kamu membuat maupun membagikan konten di media sosial yang berkaitan dengan personal branding-mu, sebaiknya kamu telah menentukan siapa saja target audiens-mu terlebih dahulu. Mulai dari perkiraan media sosial mana yang akan digunakan, pemilihan bahasa, tentang usia dan lain sebagainya. 

Baca juga: 5 Manfaat Tidur Tanpa Bantal, Wajib Dicoba

Dengan target audiens yang sesuai, kamu akan lebih mudah mengenalkan dirimu kepada mereka. Sehingga setiap konten yang kamu unggah, akan mendapatkan timbal balik dari orang-orang tersebut, atau minimal mereka dapat dengan mudah memahami siapa dirimu dan seperti apa kemampuan yang  kamu miliki melalui konten tersebut.

Dan saat mereka mengingatmu secara spontan saat tak sengaja melihat konten sejenis dengan yang biasanya kamu unggah, ini artinya personal branding-mu telah berhasil.

Nah, itulah beberapa cara mudah dan jitu untuk membangun personal brand diri kamu. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga