3 Cara Mudah Membersihkan Injektor Kendaraan Bermotor

Aris Mantobua, telisik indonesia
Senin, 18 April 2022
0 dilihat
3 Cara Mudah Membersihkan Injektor Kendaraan Bermotor
Membersihkan injector motor menggunakan metode FI Clear. Foto: Repro Detik.com

" Injektor yang bersih tentu menjadi sebuah jaminan kinerja mesin kendaraan bisa bekerja dengan maksimal "

KENDARI, TELSIK.ID - Injektor menjadi salah satu pemegang peranan penting pada mesin kendaraan bermotor. Injektor yang bersih tentu menjadi sebuah jaminan kinerja mesin kendaraan bisa bekerja dengan maksimal.

Untuk itu, ketahui cara membersihkan injektor pada kendaraan bermotor.

Melansir CCN Indonesia, peranan injektor pada kendaraan bermotor dewasa ini sudah mulai menggeser peranan dari karburator yang dianggap sudah mulai ketinggalan zaman. Tentu saja hal ini tak lepas dari keunggulan injektor dibandingkan dengan karburator.

Meski memiliki tugas yang sama yakni memberikan suplai bahan bakar kendaraan bermotor ke ruang pembakaran yang membuat injektor dan karburator berbeda adalah sistem pemasokan udara.

Semakin berkembangnya zaman, kendaraan bermotor yang masih menggunakan karburator perlahan mulai ditinggalkan. Pabrikan kendaraan bermotor kini lebih memilih injektor sebagai alat pemasok bahan bakar ke ruang mesin.

Kendaraan dengan sistem injeksi memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan kendaraan yang masih menggunakan karburator. Salah satu alasan injektor dipilih adalah efisiensi bahan bakar yang lebih baik atau lebih irit.

Meski bahan bakar yang diperlukan lebih irit, namun performanya justru lebih bagus. Hal ini dikarenakan pembakaran pada mesin mobil bekerja lebih sempurna jika dibandingkan dengan karburator.

Akan tetapi, injektor ini tak terlepas dari masalah. Masalah yang kerap terjadi adalah injektor yang kotor. Penyebabnya beragam, mulai dari bahan bakar, air yang masuk ke tangki, dan sebagainya.

Hal tersebut dapat membuat injektor menjadi kotor, mampet, atau berkerak. Solusinya, Anda perlu membersihkan injektor yang kotor agar tarikan kendaraan kembali normal dan nyaman

Dirangkum dari Auto2000, berikut cara membersihkan injektor pada kendaraan bermotor yang dapat Anda coba.

1. Menggunakan Cairan Pembersih Injektor

Membersihkan injektor pada kendaraan bermotor adalah dengan menggunakan cairan pembersih injektor.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya tinggal mencampurkan cairan pembersih injektor ini ke dalam tangki bahan bakar. Cairan pembersih ini nantinya akan bercampur dengan bahan bakar dan membersihkan injektor.

Yang perlu menjadi catatan adalah cara ini merupakan cara paling dasar untuk membersihkan injektor. Jadi hasilnya pun juga tidak akan bisa maksimal.

Cara ini tidak bisa Anda lakukan sendiri di rumah jika tidak memiliki kemampuan dan juga peralatan yang mumpuni. Yang harus Anda lakukan adalah mencopot injektor yang terdapat pada kendaraan bermotor.

Baca Juga: Sambil Nunggu Buka Puasa, Beberapa Game MOBA Ini Bisa Temani Ngabuburit Kamu

Setelah injektor dilepas, lantas semprotkan cairan pembersih ke injektor dengan waktu tertentu. Meski lebih ribet, namun cara ini akan memberikan hasil yang lebih maksimal.

2. Menggunakan Alat Khusus Pembersih Injektor

Menggunakan alat khusus menjadi salah satu cara untuk membersihkan injektor pada kendaraan bermotor selanjutnya. Namun cara ini memerlukan tenaga yang sudah ahli dengan peralatan yang mumpuni pastinya.

Caranya adalah dengan melepas injektor kendaraan bermotor lantas merendamnya dengan cairan khusus yang berfungsi untuk merontokkan kerak dan kotoran yang menempel pada injektor kendaraan Anda.

Dikutip dari Detik.com, cara yang dilakukan untuk membersihkan injektor yakni dengan metode Infus/ FI Cleaner

3. Metode FI Cleaner

Metodenya dengan di-inject langsung menggunakan perangkat mirip infus. Prosesnya tidak terlalu rumit dan juga tidak terlalu sederhana. Caranya, lepas tangki, lepas selang bahan bakar penghubung ke injektor, lalu ganti dengan infus yang terhubung dengan tabung berisi cairan carbon cleaner MTR.

Baca Juga: Cara Memanaskan Injeksi, Cuma Perlu Semenit Saja

Setelah itu tabung ditekan dengan angin dari kompresor agar cairan masuk ke injektor dan ruang bakar untuk melakukan pembersihan. Tekanan angin yang dibutuhkan sendiri berkisar 39-42 psi.

Kemudian mesin akan dibiarkan menyala sambil digas. Metode ini kurang lebih memakan waktu 5 menit sampai cairan pembersih injektor habis dan motor mati dengan sendirinya. (C)

Reporter: Aris Mantobua

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga