3 Kebiasaan Interaksi dengan Teknologi yang Bisa Rusak Kesehatan Kulit

Haidir Muhari, telisik indonesia
Jumat, 19 Maret 2021
0 dilihat
3 Kebiasaan Interaksi dengan Teknologi yang Bisa Rusak Kesehatan Kulit
Ilustrasi perawatan kulit. Foto: Repro Facetofeet.com

" Namun, tahukan Anda bahwa interaksi dengan komputer juga smartphone bisa memicu kerusakan kulit. Hal ini tentu dapat mengakibatkan efek pada kecantikan kulit. "

KENDARI, TELISIK.ID - Intesitas interaksi manusia dengan teknologi saat ini menjadi tidak terelakkan.

Seperti telah menjadi keharusan bagi manusia modern untuk tidak melepaskan diri dari menyentuh komputer atau smartphone. Apalagi di masa work from home.

Pandemi telah mengubah banyak mengubah kebiasaan dan pola hidup manusia. Betapa tidak, hampir semua aktivitas berbasis daring.

Namun, tahukan Anda bahwa interaksi dengan komputer juga smartphone bisa memicu kerusakan kulit. Hal ini tentu dapat mengakibatkan efek pada kecantikan kulit.

Dilansir dari Herstory.co.id berikut tiga kebiasaan berinteraksi dengan smartphone dan komputer yang dapat merusak kulit, beserta solusinya.

1. Memandangi layar smartphone

Menatap layar smartphone yang terlalu lama dalam posisi merunduk bisa merusak kolagen pada area leher. Pakar dermatologis kosmetik ternama, dr Paul Jarrod Franks mengungkapkan hal tersebut.

Untuk mengatasi ini, ia menyarankan pemakaian krim yang mengandung Sun Protector Factor (SPF) dan pelembab. Hal ini bisa melindungi kulit dengan lebih baik.

Baca juga: Tahukah Anda? 7 Bahan Alami Ini Bisa Mengatasi Keputihan Berlebihan

2. Menelepon

Menerima panggilan melalui smartphone ditengarai dapat menyebabkan jerawat pada kulit. Tangan yang mengandung kuman dan sering menyentuh smartphone menjadi penyebabnya.

Terlebih kebiasaan chatting dari sejumlah media sosial yang sangat sering tanpa membersihkan tangan terlebih dahulu. Kuman-kuman itu akan menempel pada permukaan smartphone.

Akibat dari itu maka kuman-kuman itu akan menempel pada wajah dan bisa menyebabkan jerawat. Cara menghindarinya adalah dengan sering membersihkan layar dan permukaan smartphone.

3. Menatap layar komputer

Menatap layar komputer terlalu lama bisa menyebabkan keriput. Kebiasaan menatap layar komputer, menurut dr Frank, bisa memicu kerutan pada area pelipis, hidung, dan sekitarnya.

Solusi untuk mengatasi dengan membesarkan ukuran huruf (font) dan menurunkan tingkat kecerahan perangkat.

Demikian tiga kebiasaan interaksi dengan teknologi yang bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit. Olehnya mari lebih bijak menggunakan dan memanfaatkan teknologi. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga