3 Mahasiswa UHO Kendari jadi Pemenang LKTI yang Diadakan Universitas Pattimura

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 31 Juli 2023
0 dilihat
3 Mahasiswa UHO Kendari jadi Pemenang LKTI yang Diadakan Universitas Pattimura
Muh. Nur Mahmudi, La Ode Syahdan Aditya, dan Wa Ode Nasyrah Rafiqa berhasil raih juara satu pada LKTI yang diadakan Universitas Pattimura. Foto: Ist.

" 3 mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Halu Oleo (UHO) meraih juara satu pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat mahasiswa, yang diselenggarakan oleh Universitas Pattimura "

KENDARI, TELISIK.ID - Tiga mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Halu Oleo (UHO) meraih juara satu pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat mahasiswa, yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Pattimura (UNPATTI), dengan tema Peran Riset dalam Pengembangan Sumber Daya Alam Lokal di Indonesia.

Ketiga mahasiswa UHO tersebut yaitu Muh. Nur Mahmudi, La Ode Syahdan Aditya, dan Wa Ode Nasyrah Rafiqa. Perolehan ini menambah deretan prestasi mahasiswa Kimia dalam bidang penalaran. Atmosfir akademik dan fasilitas yang tersedia di Jurusan Kimia membuat mahasiswa termotivasi untuk berkreasi dan berinovasi.

Ketua Jurusan Kimia FMIPA UHO, La Ode Ahmad mengatakan, prestasi mahasiswa Jurusan Kimia di bidang penalaran sudah sering didapatkan. Ini tidak terlepas dari suasana akademik dan fasilitas di jurusan yang mendukung.

"Harapan kita prestasi mereka akan membuka jalan bagi masa depan mereka setelah menyelesaikan studi," ujar Ahmad, Senin (31/6/2023).

Baca Juga: Mahasiswa UHO Terima Pendanaan Usaha dari Kemendikbud Melalui P2MW

Dia berharap mereka dapat berbagi pengalaman ke yuniornya sehingga prestasi mahasiswa Kimia akan terus berlanjut.

LKTI ini terbagi menjadi beberapa bidang, pendidikan, ekonomi, kesehatan, infrastruktur, lingkungan, climate action, energi terbarukan, dan teknologi. Ketiga mahasiswa UHO ini mengangkat tema energi baru dan terbarukan untuk karya tulis yang mereka buat.

Baca Juga: Ide Siomai Parende, 3 Mahasiswa UHO Raih Juara pada Noble Unesa

Menurut salah seorang peserta, La Ode Syahdan Aditya mengatakan, mereka mengangkat tema ini karena penggunaan energi fosil saat ini sangat berpengaruh pada perubahan iklim. Awalnya mereka melakukan pengumpulan abstrak hingga masuk lima besar kemudian dilanjutkan dengan proses presentasi pada dewan juri.

“Kami mengangkat tema energi terbarukan karena peran kami sebagai mahasiswa yang menjadi agen perubahan ingin melakukan inovasi terbaru tentang penerapan energi yang lebih efisien, sehingga bisa diaplikasikan dalam segala industri,” ujar Aditya, Senin (31/6/2023).

Dia berharap, dengan pencapaian yang mereka dapat ini bisa jadi pemantik bagi mahasiswa lain terutama adik-adik agar bisa mendapatkan penghargaan-penghargaan tingkat nasional maupun internasional. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga