3 Obat Alami Pereda Batuk Kering yang Bisa Dicoba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 15 April 2024
0 dilihat
3 Obat Alami Pereda Batuk Kering yang Bisa Dicoba
Batuk kering dapat juga diatasi dengan mengonsumsi bahan alami atau herbal. Foto: Repro telemed.ihc.id

" Bukan hanya berlaku bagi orang dewasa saja, penggunaan madu sebagai obat alami untuk meredakan batuk kering juga disarankan untuk anak-anak "

KENDARI, TELISIK.ID - Batuk kering menjadi masalah kesehatan yang seringkali dialami seseorang. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan mengonsumsi sejumlah obat alami.

Pada umumnya, dikutip dari siloamhospitals.com, batuk terbagi menjadi dua jenis, yaitu batuk kering dan berdahak.

Perbedaan batuk kering dan berdahak terletak pada gejalanya. Batuk berdahak menghasilkan lebih banyak dahak atau lendir. Sedangkan batuk kering umumnya tidak mengeluarkan dahak.

Batuk kering atau yang disebut juga dengan batuk non produktif adalah jenis batuk yang tidak menghasilkan dahak.

Umumnya, batuk kering bukanlah gangguan kesehatan yang perlu dikhawatirkan dan bisa sembuh dengan cepat. Meski begitu, tak menutup kemungkinan bahwa kondisi ini bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan serius.

Untuk mengatasi penyakit batuk kering ini, dapat dilakukan dengan mengonsumsi sejumlah obat alami tertentu.

Baca Juga: 8 Posisi Tidur Ini Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Melansir yoursay.id yang mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa obat alami yang dapat dimanfaatkan untuk pereda batuk kering:

1. Madu

Selain memiliki berbagai khasiat yang cukup baik untuk meredakan beragam penyakit, madu mampu juga meredakan batuk kering.

Melansir dari artikel berjudul “What can I do to make my cough go away?”, madu memiliki sifat anti bakteri dan dapat melapisi tenggorokan saat terjadi batuk kering dan mengurangi iritasi yang disebabkan batuk tersebut.

Bukan hanya berlaku bagi orang dewasa saja, penggunaan madu sebagai obat alami untuk meredakan batuk kering juga disarankan untuk anak-anak.

Kamu bisa mengonsumsi madu 2 kali sehari untuk meredakan batuk kering tersebut. Caranya cukup meminum 1-2 sendok makan madu saat pagi dan malam hari.

Selian itu, bisa pula mencampurkannya dengan segelas air hangat untuk memaksimalkan efek relaksasi pada tenggorokan.

2. Jahe

Obat herbal selanjutnya adalah jahe. Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang kerap kali digunakan sebagai bahan baku obat tradisional pereda batuk, termasuk batuk kering.

Melansir dari artikel yang terbit dalam healthline.com, jahe memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri. Jahe juga memiliki sifat untuk meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh dan mampu menghangatkan suhu tubuh yang berguna untuk melawan bakteri penyebab batuk kering.

Baca Juga: 12 Dampak Buruk Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Kamu bisa mengonsumsi jahe dengan cara merebusnya menggunakan air dan meminumnya sebanyak 1-2 kali sehari dengan takaran 1 gelas sekali minum.

3. Kunyit

Sama halnya dengan jahe, kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk kering alami. Bumbu dapur satu ini memang dikenal memiliki sifat anti inflamasi yang berguna meredakan iritasi dan peradangan saat batuk kering.

Cara menggunakan jahe ini cukup mudah. Yaitu dengan merebus kunyit dan meminumnya sebanyak 1 gelas kecil dengan takaran 1-2 kali sehari.

Nah, itulah beberapa obat alami atau herbal yang dapat dimanfaatkan untuk meredakan batuk kering. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga