3 Puasa Sunnah yang Bisa Dilakukan Sebelum Idul Adha Beserta Niatnya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 19 Juni 2023
0 dilihat
3 Puasa Sunnah yang Bisa Dilakukan Sebelum Idul Adha Beserta Niatnya
Tiga puasa sunnah yang bisa Anda lakukan sebelum hari raya Idul Adha, yaitu puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah. Foto: Suara.com

" Hari raya Idul Adha tinggal sebentara lagi, umat muslim pun bersiap menyambut hari yang biasa disebut hari raya kurban itu. Selain persiapan fisik, aspek rohani juga perlu disiapkan, salah satunya dengan berpuasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari raya Idul Adha tinggal sebentara lagi, umat muslim pun bersiap menyambut hari yang biasa disebut hari raya kurban itu. Selain persiapan fisik, aspek rohani juga perlu disiapkan, salah satunya dengan berpuasa.

Dilansir dari Bangka.tribunnews.com, terdapat tiga puasa sunnah yang sangat dianjurkan dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah, tepatnya sebelum Idul Adha.

Tiga macam puasa yang bisa dikerjakan sebelum Idul Adha adalah puasa Dzulhijjah,  Tarwiyah, dan Arafah. Ketiga puasa sunnah tersebut dikerjakan 10 hari sebelum Idul Adha.

Mengapa dianjurkan? 10 hari awal bulan  Dzulhijjah adalah hari amal sholeh yang sangat dicintai Allah SWT. Oleh karenanya, di hari-hari itu umat Muslim dianjurkan untuk melakukan banyak amalan baik, salah satunya puasa sunnah.

Baca Juga: Ini Batas Waktu Potong Kuku dan Rambut bagi yang Berkurban Idul Adha 2023

Anjuran  puasa sunnah di bulan Dzulhijjah ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud berikut ini.

“Rasulullah SAW biasa ber puasa pada sembilan hari awal Dzulhijjah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), ber puasa tiga hari setiap bulannya," (HR Imam Abu Daud).

Dikutip dari Surabaya.tribunnews.com, Ustadz Abdul Somad mengatakan di antara 9 hari tersebut terdapat 1 hari yang terlebih afdhal di antara yang lainnya. Yakni berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah atau disebut dengan Puasa Arafah. UAS kemudian menambahkan keutamaan dari puasa Arafah berdasarkan hadis riwayat Imam Muslim RA Nomor 1162.

"... Rasulullah ditanya tentang puasa hari Arafah Beliau berkata dapat menghapus dosa-dosa di tahun lalu dan tahun yang akan datang," (HR Muslim, Turmudzi, Nasa'i, Ibnu Majah, Ibnu Daud, dan Ahmad)

Niat Puasa Tanggal 1-7 Dzulhijjah

Nawaitu shauma syahri dzil hijjah sunnatan lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: “Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah ta’âlâ.”

Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah

Baca Juga: Ini Syarat dan Kriteria Hewan Kurban yang Sah

Nawaitu shauma ghadin ‘an ad?’i sunnati yaumit tarwiyah lillâhi ta‘?l?

Artinya, “Aku berniat puasa sunnah Tarwiyah esok hari karena Allah SWT.”  

Puasa Arafah 9 Dzulhijjah

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati Arafah lillahi ta‘ala.

Artinya, “Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari harena Allah SWT.” (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga