3 Resep Pancake Enak dan Sederhana

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 10 Februari 2023
0 dilihat
3 Resep Pancake Enak dan Sederhana
Pancake bisa menjadi salah satu menu camilan alternatif yang bisa Anda sajikan di rumah, selain itu pancake menggunakan bahan sederhana seperti tepung terigu, telur, gula, dan susu segar. Foto: Repro Merdeka.com

" Rasanya yang manis dan lembut membuat pancake banyak disukai orang dari berbagai kalangan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pancake merupakan salah satu kudapan pencuci mulut yang biasa disajikan setelah makanan berat. Pancake terbuat daru beberapa bahan seperti terigu, telur, gula, serta susu.

Melansir Wikipedia.com, pancake berasal dari Eropa. Selain itu, makanan satu ini menjadi makanan khas di berbagai negara Eropa.

Pancake ternyata sudah dikenal oleh bangsa Indian sejak 1607 dengan nama nokehick. Adonan pancake ala bangsa Indian terbuat dari jagung dan dibentuk menggunakan tangan.

Makanan ini mulai populer dan dikenal secara luas di negeri Paman Sam sejak 1870-an setelah diperkenalkan oleh pendatang Inggris.

Anda bisa membuat pancake teflon bisa menjadi solusi ketika Telisikers bingung ingin menyajikan menu sarapan. Rasanya yang manis dan lembut membuat camilan ini banyak disukai orang dari berbagai kalangan.

Pancake berbentuk bundar, datar, tipis, dan biasanya disajikan secara bertingkat. Dalam penyajiannya, pancake sering ditambahkan berbagai macam topping, seperti butter, susu kental manis, keju, cokelat, atau topping lainnya sesuai selera.

Berikut beberapa resep pancake teflon yang bisa Telisikers coba di rumah, dilansir dari Merdeka.com dan Frisianflag.com, antara lain:

1. Pink pancake

Bahan:

Baca Juga: Resep Rumahan Cocok Buat Pemula

2 butir telur

1 sdt baking powder

1 sdt baking soda

2 sdm gula pasir

140 gr tepung terigu

60 ml Frisian Flag Kental Manis Cocopandan

40 gr mentega cair

½ sdt garam

200 ml air

50 gr cream cheese

Cara membuat:

1. Siapkan mangkok besar, masukkan telur 2 butir, mentega cair 40 gr, garam 1/2 sdt, baking powder 1 sdt, baking soda 1 sdt, gula pasir 1 sdm, krim keju 50 gr dan masukkan Frisian Flag Kental Manis Cocopandan 60 ml lalu aduk merata.

2. Tambahkan tepung terigu 150 gr sambil diaduk lalu masukkan air 200 ml dan aduk kembali. Panaskan wajan, dan masukkan adonan ke wajan sedikit-sedikit. Hidangkan dengan Frisian Flag Susu Kental Manis Cocopandan sebagai topping.

2. Pancake pisang

Bahan:

150 gr Sasa Tepung Pisang Goreng Vanilla

2 buah Pisang (saya pakai kepok merah)

50 ml Air

2 sendok makan margarin

1 butir telur

Cara membuat:

1. Blender semua bahan-bahan. Panaskan teflon, beri sedikit margarin (sedikit saja supaya nggak begitu asin nanti adonannya).

2. Gunakan api paling kecil saat masak adonan. Pancake pisang teflon simple siap dihidangkan.

3. Pancake keju

Bahan:

Baca Juga: 3 Rekomendasi Resep Murah dan Sehat di Akhir Bulan

8 sdm terigu

3 sdm gula pasir

1 sdm baking powder

1 sdt vanili bubuk

1 butir telur

100 ml susu kental manis putih

2 sdm margarin leleh

Sejumput garam

Topping meses & keju

Cara membuat:

1. Campurkan semua bahan kering, aduk rata lalu masukan telur aduk rata. Masukkan susu adul rata, lalu margarin yang sudah dilelehkan

2. Panaskan teflon, oles margarin secukupnya. Masukkan 1 centong sayur adonan. Ulangi sampai adonan habis. Tambahkan topping, lalu siap dihidangkan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga