3 Resep Sederhana Menu Berbuka Puasa di Akhir Bulan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 24 Maret 2023
0 dilihat
3 Resep Sederhana Menu Berbuka Puasa di Akhir Bulan
Bubur Mutiara merupakan sajian sederhana yang bisa Anda sajikan jelang buka puasa di rumah. Selain hemat, bubur mutiara juga bisa menghemat pengeluaran di akhir bulan. Foto: Repro Sweetrip.id

" Di akhir bulan, tak sedikit ibu rumah tangga mengirit biaya pengeluaran untuk menu buka puasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Selama bulan Ramadan, banyak pilihan menu buka puasa. Namun berada di akhir bulan, tak sedikit ibu rumah tangga mengirit biaya pengeluaran. Terutama ibu rumah tangga yang bergantung pada penghasilam suami.

Berikut ini resep menu berbuka puasa di akhir bulan yang sederhana dan tentunya menghemat pengeluaran Anda, seperti dikutip dari Liputan6.com dan Grid.id.

1. Bubur Mutiara

Bahan:

100 gram sagu mutiara

1 liter air

80 gram gula pasir

1/4 sdt vanili bubuk

Kuah santan:

65 ml santan kental

200 ml air

1/2 sdt garam

1 sdt maizena

1 lembar daun pandan

Cara membuat:

1. Cuci sagu mutiara, tiriskan. Didihkan air. Setelah mendidih, masukkan sagu mutiara, masak hingga mendidih kembali. Tutup panci dan set timer lima menit, biarkan panci tetap tertutup, set timer 30 menit.

2. Setelah 30 menit, masukkan gula pasir dan vanili bubuk. Aduk dan panaskan kembali hingga mendidih. Tutup panci dan set timer tujuh menit. Setelah mendidih tujuh menit, matikan kompor. Biarkan tetap tertutup sambil menyiapkan kuah santan.

3. Larutkan santan kental dengan air dalam panci kecil. Tambahkan garam dan maizena. Aduk rata hingga larut. Masukkan daun pandan. Panaskan dengan api kecil sambil diaduk hingga mendidih. Matikan kompor, biarkan sampai hangat. Tata bubur sagu mutiara di mangkok. Siram dengan kuah santan. Siap dinikmati.

2. Tahu Goreng Kremes

Bahan:

Baca Juga: Aneka Takjil di Pinggir Jalan Jadi Menu Buka Puasa Warga Reok

250 gr tahu china putih, ptong-potong bentuk dadu 1/2 cm

75 gr tepung beras

1 sdm tepung kanji

100 ml air

1 butir telur, kocok hingga rata

1 batang daun bawang, iris-iris tipis,

minyak goreng secukupnya

Bahan halus:

3 siung bawang putih

2 cm kencur

5 butir kemiri

1/2 sdt ketumbar  

1 sdt garam

Cara membuat:

1. Campur tepung beras, tepung kanji, dan air, aduk hingga rata. Tambahkan bumbu halus, aduk hingga rata. Masukkan tahu, telur, dan daun bawang, aduk kembali hingga rata.

2. Panaskan wajan di atas api sedang, tuang minyak goreng. Goreng adonan tahu sesendok demi sesendok hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan.

3. Goreng sisa adonan dengan cara yang sama sambil kucurkan adonan sedikit demi sedikit ke dalam minyak goreng panas. Goreng adonan hingga kering dan renyah, angkat dan tiriskan. Sajikan tahu dan angkat kremesan saat masih hangat.

3. Bubur Mutiara Gula Merah

Bahan:

1 bungkus bubur mutiara

1 buah gula merah

3 sdm gula putih

Sejumput garam

2 lembar daun pandan

Secukupnya susu cair

Baca Juga: Resep Kolak Pisang, Menu Berbuka Puasa Disukai Keluarga

Cara membuat:

1. Rebus bubur mutiara. Siapkan air dalam panci, biarkan sampai mendidih, masukkan bubur mutiara, rebus hingga lima menit tutup panci. Matikan kompor, biarkan jangan dibuka tutup pancinya.

2. Biarkan bubur mutiara dalam panci selama 30 menit. Rebus lagi bubur mutiara selama tujuh menit hingga putih-putih sagunya.

Sirup gula merah:

1. Tuangkan 1 gelas air ke dalam panci, tambahkan gula merah dan gula putih, daun pandan dan sejumput garam. Masak hingga sedikit kental, lalu angkat dan saring.

2. Siapkan gelas, masukan bubur mutiara, sirup gula merah, es batu, dan tuangkan susu cair secukupnya. Sajikan dingin. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga