3 Sajian Menu Timur Tengah, Cocok Jadi Menu Halal Bihalal

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 27 April 2023
0 dilihat
3 Sajian Menu Timur Tengah, Cocok Jadi Menu Halal Bihalal
Nasi biryani adalah nasi yang dimasak dengan rempah-rempah lalu ditambah dengan sayuran, atau daging. Foto: Manisdansedap.com

" Aneka resep makanan khas Timur Tengah ini dapat menjadi alternatif hidangan halal bihalal Anda sekeluarga "

KENDARI, TELISIK.ID - Aneka resep makanan khas Timur Tengah ini dapat menjadi alternatif hidangan halal bihalal Anda sekeluarga.

Halal bihalal adalah acara silaturahmi yang kerap dilangsungkan usai Idul Fitri, baik secara besar-besaran maupun privat khusus keluarga. Untuk menyemarakkan acara halal bihalal, Anda bisa memilih menu-menu masakan spesial salah satunya menu khas Timur Tengah.

Berikut resep khas Timur Tengah yang cocok Anda sajikan saat halal bihalal dilansir dari Merdeka.com dan Metro.aspirasiku.id:

Baca Juga: Ikan Asin Terong Bakar dan Sambal Belacan jadi Menu Favorit Perayaan Idul Fitri

1. Maqluba khas Timur Tengah

Bahan:

1 kg daging sapi (daging ayam atau kambing bisa juga digunakan)

4 cangkir beras Basmati

4 buah kentang, dikupas dan dipotong menjadi irisan

4 buah terong, diiris bulat

4 buah tomat, diiris bulat

1 bawang bombay besar, cincang halus

1 sdt bubuk jintan

1 sdt bubuk kayu manis

1 sdt bubuk kardamom

1 sdt bubuk kunyit

1 sdt bubuk lada hitam

1/2 sdt bubuk cabe merah

1/2 cangkir minyak zaitun

2 sdt garam

4 cangkir air

Daun peterseli dan lemon wedges, untuk hiasan

Cara membuat:

1. Panaskan minyak zaitun di dalam panci besar. Tumis bawang bombay hingga harum dan lembut. Lalu, masukkan daging sapi dan aduk-aduk hingga berubah warna. Tambahkan bubuk jintan, kayu manis, kardamom, kunyit, lada hitam, cabe merah, dan garam. Aduk rata.

2. Tuangkan air ke dalam panci dan biarkan mendidih. Kurangi api dan biarkan daging matang selama sekitar 1 jam hingga empuk dan meresap rempah-rempah.

3. Angkat daging dan letakkan di piring terpisah. Sisihkan. Letakkan irisan kentang di atas daging yang telah diangkat, diikuti dengan irisan terong dan tomat.

4. Tambahkan beras ke dalam panci dan ratakan dengan spatula. Pastikan beras terendam dalam air yang tersisa. Tambahkan sedikit garam dan aduk rata. Letakkan daging kembali di atas lapisan beras, kemudian tambahkan sedikit air lagi jika diperlukan.

5. Tutup panci dan biarkan mendidih selama sekitar 20-30 menit hingga beras matang dan empuk. Angkat panci dari api dan biarkan dingin selama beberapa menit.

6. Letakkan piring saji di atas panci dan balik panci perlahan sehingga nasi, sayuran, dan daging terbalik ke atas piring saji. Hias dengan daun peterseli dan lemon wedges sebelum disajikan.

2. Nasi Biryani

Bahan:

Daging kambing 250 gr

air dan minyak goreng secukupnya

Beras basmati secukupnya

Daun ketumbar 12,5 gr

Daun mint 12,5 gr

Tomat 1 buah

Yogurt kental 1 sdm

Bawang bombay 25 gr, iris tipis dan goreng hingga layu

Bawang merah goreng

Garam dan merica secukupnya

Bahan bumbu halus:

Cabai hijau keriting 25 gr

Bawang putih 3 siung

Kapulaga hijau 1 sdt

Bubuk garam masala 1 sdm

Jintan

Minyak 1 sdt

Cara membuat:

1. Blender bumbu halus, sisihkan. Nyalakan api sedang. Beri sedikit minyak, tumis bawang bombay dan bumbu halus hingga harum dan minyaknya keluar.

2. Masukkan daging dan tumis sebentar. Tambahkan potongan tomat, yogurt, 1/2 porsi daun mint, 1/2 porsi daun ketumbar, bawang goreng, garam dan merica. Aduk rata.

3. Masukkan beras basmati, air, dan aneka bumbu yang telah ditumis ke pressure cooker. Masak dalam pressure cooker dengan menekan fungsi otomatis rice, masak 15 menit, keluarkan tekanan, buka pressure cooker lalu sisihkan.

4. Taburi kembali dengan sisa daun ketumbar dan daun mint.

3. Manakeesh

Bahan:

1/2 sdt jus lemon

2 sdm minyak zaitun

1 sdm gula pasir

3 gelas tepung terigu

4 sdm zaatar

1 sdt garam halus

2 sdt ragi kering

madu secukupnya

1 gelas air putih hangat

Cara membuat:

1. Siapkan satu gelas air putih hangat lalu campurkan dengan madu. Aduk merata hingga larut. Tambahkan ragi ke dalam air hangat yang sudah bercampur dengan madu. Aduk merata hingga 5 menit lamanyasampai berbusa.

2. Siapkan tepung terigu dan garam lalu tuangkan dalam satu wadah mangkuk dan aduk hingga merata. Tambahkan campuran tepung terigu dan garam dalam wadah mangkuk dengan campuran air ragi dan minyak zaitun.

3. Aduk dan uleni dengan tambahan sedikit air jika dirasa terlalu keras hingga menjadi adonan manakeesh yang elastis dan lembut.

Baca Juga: Deretan Resep Menu Lebaran Rendah Kolesterol

4. Setelah itu, adonan manakeesh yang sudah dibuat dibentuk bulat dan disimpan dalam mangkuk dengan tambahan sedikit olesan minyak. Tutup bagian atasnya dengan kain dan diamkan selama 90 menit lamanya sampai mengembang.

5. Selanjutnya, pipihkan manakeesh seperti tampilan pizza. Siapkan topping manakeesh dengan cara mencampurkan zaatar dengan minyak zaitun dan jus lemon. Aduk merata lalu tuangkan di atas manakeesh dan panggang hingga matang. Keluarkan.

Manakeesh spesial lezat khas Timur Tengah siap dihidangkan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga