3 Siswa MAN IC Kendari Ikut Kompetisi Internasional Robotic

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 23 Oktober 2023
0 dilihat
3 Siswa MAN IC Kendari Ikut Kompetisi Internasional Robotic
Tiga Siswa MAN IC Kendari yang akan mengikuti kompetisi internasional robitic di Singapura, Malaysia, dan Thailand. Foto: Ist.

" Tiga siswi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kendari akan mengikuti kompetisi International Robotic di Singapura, Malaysia, dan Thailand "

KENDARI, TELISIK.ID - Tiga siswi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kendari akan mengikuti kompetisi International Robotic di Singapura, Malaysia, dan Thailand, yang akan diselenggarakan pada 22 hingga 28 Oktober 2023.

Ketiga siswi yang akan mengikuti lomba tersebut yakni Alya Febriana Cipta, Wa Ode Rahyani Azizah Azka Har, dan Afiqah Nazifatul Latif. Ketiganya saat ini tengah duduk di bangku kelas 12.

Robot yang dibuat oleh para siswi MAN IC Kendari ini mengandalkan sensor dan arduino atau otak robot. Sistem pada robot tersebut dirangkai khusus agar bisa memilih jalan yang tepat, karena pada kompetisi nantinya, jalur yang dibuat tidak hanya jalur lurus saja, melainkan terdapat juga jalan buntu dan jalur perempatan.

Baca Juga: Workshop Tugas dan Klinik Ujian UT Kendari, Tingkatkan Kesiapan Akademik Mahasiswa

Salah satu siswi yang sempat diwawancarai awak media, Alya Febriana Cipta mengatakan, dalam kompetisi robotik ini dia dan dua rekannya akan bertanding pada kategori Line Follower.

“Lomba robotik ini ada empat kategori yakni Sumo Robot, Soccer Robot, Creative Robot dan Line Follower. Kami ikuti yang kategori keempat,” katanya.

Dia menjelaskan, kategori line Follower ini yang dinilai adalah kecepatan dan ketepatan memilih line atau garis yang warnanya kontras.

“Kami sudah melakukan persiapan dan rencananya akan berangkat besok. Target, semoga bisa juara,” tambahnya.

Kepala Sekolah MAN IC Kendari, Muhammad Naim mengatakan, ketiga siswanya telah bergelut di dunia robotik sejak satu tahun yang lalu. Ketiganya merupakan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler robotik di MAN Insan Cendekia Kendari.

Baca Juga: Siswa SMAN 4 Kendari Raih 2 Penghargaan pada Ajang LDCC Awards 2023

“Tiga siswa ini sebelumnya mengikuti ekstrakulikuler robotik sejak duduk di bangku kelas 11, sehingga sudah satu tahun mereka mempelajari robotik,” katanya.

Persiapan yang dilakukan ketiga siswa ini telah melalui proses yang cukup panjang, tidak hanya detik-detik menjelang kompetisi saja.

Bentuk persiapan yang dilakukan tidak hanya dalam hal akademik seperti pembuatan perangkat robot, melainkan juga persiapan dari segi non-akademik. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga