3 Tips Ampuh Jadi Orang Open Minded

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 18 Januari 2023
0 dilihat
3 Tips Ampuh Jadi Orang Open Minded
Memiliki pikiran terbuka umumnya dianggap memiliki kualitas positif untuk berpikir kritis dan rasional. Foto: freepik.com

" Salah satu kunci kesuksesan dalam karir maupun hidup adalah memiliki pikiran terbuka atau open minded. Maka penting untuk mengetahui cara agar menjadi orang yang open minded ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kunci kesuksesan dalam karir maupun hidup adalah memiliki pikiran terbuka atau open minded. Maka penting untuk mengetahui cara agar menjadi orang yang open minded ini.

Dikutip dari msn.com, open minded merupakan sikap yang mengacu kepada keterbukaan pikiran terhadap beragam ide, argumen, hingga informasi baru yang orang lain dapat.

Memiliki pikiran terbuka umumnya dianggap memiliki kualitas positif untuk berpikir kritis dan rasional. Olehnya itu, penting untuk mengetahui cara agar menjadi orang yang open minded.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Tingkatkan Kualitas Belajar Kamu

Melansir yoursay.id, berikut beberapa cara untuk melatih diri agar terbiasa open minded:

1. Jalinlah relasi seluas-luasnya

Ditakdirkan sebagai makhluk sosial, kamu harus siap berinteraksi dengan orang lain. Termasuk dengan mereka yang memiliki pola pikir dan perbedaan karakter denganmu. Relasi yang terjalin luas bikin kamu kaya  wawasan dan pengetahuan.

Dengan menjalin relasi seluas-luasnya, kamu  memperoleh banyak pengalaman. Kamu bisa menempatkan diri dengan baik di lingkungan pergaulan.

2. Terima dan hargai perbedaan di lingkungan sekitar

Lingkungan sekitar tidak hanya dihuni satu jenis orang. Mungkin kamu juga dikelilingi dengan orang berwatak kalem maupun keras. Atau mungkin ada perbedaan yang tidak sesuai prinsipmu. Ini jadi kesempatan sekaligus tantangan. Kamu harus bisa menyikapinya secara bijaksana.

Beragam perbedaan menjadi kesempatan bagimu untuk melatih diri agar terbiasa open minded. Bagaimana caranya? Dengan menerima dan menghargai perbedaan di lingkungan sekitar. Selama itu tidak mengganggu kenyamananmu, jangan dipermasalahkan.

Orang yang open minded bisa lebih tenang dalam menjalani hidup. Mereka tidak takut walaupun bertemu dengan orang yang berbeda karakter dan kebudayaan.

3. Biasakan diri menilai permasalahan dari dua atau lebih sudut pandang

Hidup berdampingan dengan banyak orang, permasalahan pasti menyertai. Pada saat-saat tertentu, kamu tidak sependapat dengan orang-orang sekitar. Atau kamu mengalami permasalahan di tempat kerja.

Baca Juga: Tips Siasati Anak Agar Tak Main Gadget

Setiap masalah yang datang tidak bisa disikapi dengan emosi. Tapi perlu kejernihan berpikir, termasuk dengan menilainya dari dua atau lebih sudut pandang.

Sikap satu ini menjadi cara yang bisa dilakukan untuk membiasakan diri open minded. Menilai suatu permasalahan dari beberapa sudut pandang membuatmu lebih bijaksana dalam berpikir. Kamu bisa memahami akar permasalahan dengan baik dan mencari cara menyelesaikannya dengan tepat.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjadi orang yang open minded. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga