3 Tips Jitu Atasi Stres Menurut Psikologi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 25 Januari 2023
0 dilihat
3 Tips Jitu Atasi Stres Menurut Psikologi
Apabila stres sudah terasa berat dan berlangsung lama, hal itu dapat merusak kesehatan. Foto: google.com

" Salah satu kondisi pikiran yang seringkali dialami seseorang saat mengalami masalah adalah stres. Kondisi ini bisa dilawan dengan melakukan hal tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kondisi pikiran yang seringkali dialami seseorang saat mengalami masalah adalah stres. Kondisi ini bisa dilawan dengan melakukan hal tertentu.

Pada umumnya, dikutip dari kemkes.go.id, stres merupakan reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri.

Stres juga menjadi bagian alami dan penting dari kehidupan, tetapi apabila berat dan berlangsung lama dapat merusak kesehatan kita.

Olehnya itu penting untuk mengetahui cara melawan stress yang sering kita alami ini.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Sunscreen untuk Wajah Mudah Berjerawat

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melawan stres yang seringkali menghampiri:

1. Ubah mindset

Reappraisal merupakan metode untuk menafsirkan ulang pandangan tentang situasi agar tidak stres atau setidaknya mengurangi dampak yang ada jika memang sudah terlanjur dirasakan. Misalnya, stres yang muncul akibat mengalami pemutusan hubungan kerja atau malah patah hati.

Jangan hanya merasa sedih atau terpuruk, ubah situasi tersebut agar tidak terus menerus menekan pikiran dan mental. Tidak apa-apa kehilangan pekerjaan, nanti bisa dicari lagi.

Tidak apa-apa kehilangan kekasih, mungkin dia memang bukan jodoh terbaik. Mindset sederhana seperti ini akan membantu membangun ketenangan dan mengalihkan fokus pada hal-hal yang lebih layak diprioritaskan.

2. Tenangkan emosi

Tidak dimungkiri bahwa setiap masalah hidup yang mampu memicu stres akan membuat mental seseorang mudah jatuh. Bukan selalu karena beratnya masalah, terkadang pengaruh fluktuasi emosi justru lebih sering menambah tekanan batin jika tidak segera ditangani.

Cobalah untuk menenangkan emosi dan kondisi mental dengan cara berbagi perasaan lewat momen curhat.

Cara ini terbilang ampuh karena perasaan akan jauh lebih lega dan seringkali ada solusi yang bisa didapat dari teman curhat, entah itu keluarga, saudara, atau sahabat.

Jika tidak memungkinkan untuk bercerita, menyibukkan diri dengan aktivitas fisik juga bisa berdampak positif.

Berolahraga akan membantu menenangkan tubuh sekaligus membuang energi negatif dalam pikiran. Atau hangout dan mencoba aktivitas baru yang belum pernah dilakukan juga layak dicoba.

Baca Juga: 3 Cara Alami Atasi Kadar Kolesterol Naik

3. Fokus pada solusi

Segala sesuatu akan mendapatkan hasil terbaik saat dilakukan dengan fokus dan memusatkan perhatian secara utuh, termasuk dalam menyelesaikan masalah.

Seringkali masalah yang muncul mampu menjadi pemicu stres saat kita mulai kurang fokus pada solusi dan hanya melihat dampak dari masalah tersebut.

Fokuskan pikiran pada solusi paling memungkinkan agar tidak terus terjebak dalam masalah yang terkadang hanya ada di pikiran kita.

Cara berpikir semacam ini akan membantu kita melakukan segala sesuatu yang memang dibutuhkan untuk mengubah situasi menjadi lebih baik.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Telisikers lakukan untuk melawan stres yang kamu alami. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga