3 Tips Membuat Podcast untuk Pemula

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 13 Agustus 2022
0 dilihat
3 Tips Membuat Podcast untuk Pemula
Podcast menjadi salah satu konten yang banyak digemari di media sosial. Foto: Repro google.com

" Salah satu tantangan konten yang banyak digemari di media sosial adalah konten podcast "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu tantangan konten yang banyak digemari di media sosial adalah konten podcast.

Pada umumnya, dikutip dari gramedia.com, podcast merupakan sebuah hasil rekaman audio yang bisa didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet.

Beda halnya dengan radio yang wajib dilakukan dan dibawakan secara langsung dalam frekuensi tertentu.

Platform yang paling banyak digunakan untuk membagikan podcast adalah YouTube dan Spotify. Untuk YouTube, biasanya mereka masih memperlihatkan obrolan atau pembahasan secara visual. Sementara itu, untuk Spotify, mereka menggunakan audio sepenuhnya.

Karena semakin ramai digemari, banyak sekali orang-orang yang ingin membuat podcast namun bingung apa yang harus mereka lakukan untuk memulai.

Melansir yoursay.id, berikut tips untuk memulai membuat podcast untuk pemula:

1. Tentukan Bahasan

Hal yang paling penting sebelum membuat podcast adalah menentukan bahasa apa yang akan direkam dan disiarkan. Ini adalah pilar utama yang harus dipersiapkan sebelum mempersiapkan hal-hal lainnya.

Saat menentukan bahasan, kamu dapat mencoba melihat tren podcast yang sedang ramai dibicarakan di media sosial. Selain mengikuti tren, kamu juga dapat mencari ide dan konsep sendiri yang menunjukkan ciri podcast kamu.

Baca Juga: 5 Tips Memutihkan Kulit Belang Sesudah Liburan di Pantai

Usahakan kamu memiliki tema yang sama untuk podcast yang akan kamu buat karena tema suatu podcast dapat membuat seseorang dengan mudah mengingat podcast kamu.

2. Tentukan Tempat Mengunggah Podcast

Setelah merekam podcast, kamu harus menentukan dimana kamu akan mengunggah podcast kamu dan menyiarkannya. Setelah kamu mengetahui tempat yang sesuai dengan keinginan kamu, selanjutnya, kamu dapat mencari informasi tentang bagaimana kamu dapat mengunggah dan menyiarkan podcast kamu.

Beberapa platform sangat membebaskan penggunanya untuk mengunggah konten apa pun namun sebagian yang lain memiliki aturan yang harus diperhatikan saat mengunggah.

Baca Juga: Cara Jaga Jejak Digital di Internet Agar Tetap Aman dan Bersih

Beberapa platform juga membebankan biaya pada penggunanya namun sebagian yang lain tidak. Maka dari itu, kamu perlu melakukan berbagai research sebelumnya agar tidak kesulitan di pertengahan jalan.

3. Rajin Mengunggah Konten

Hal paling penting dari seorang pembuat konten adalah mengunggah hasil karyanya sesering mungkin. Meski kamu tidak memiliki banyak audiens pada awal pembuatan konten, kamu tidak boleh menyerah dan berhenti di tengah jalan.

Kamu harus selalu konsisten untuk membuat konten-konten yang ingin kamu siarkan. Rajin membuat konten juga dapat mengasah diri kamu agar semakin baik dari hari ke hari. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga