3 Tips Merawat Buku agar Kertas Tidak Menguning

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 02 Januari 2023
0 dilihat
3 Tips Merawat Buku agar Kertas Tidak Menguning
Buku tua yang sudah disimpan lama khas dengan ciri kertasnya yang kuning. Kamu bisa lakukan cara ini untuk mencegah bukumu menguning meski dimakan waktu. Foto: Repro Grid.id

" Buku-buku tua yang sering kita temui biasanya punya ciri khas dengan kertas di dalamnya yang sudah menguning. Seiring bertambahnya usia, kertas akan mengalami penurunan kualitas salah satunya dengan berubah warna "

KENDARI, TELISIK.ID - Buku-buku tua yang sering kita temui biasanya punya ciri khas dengan kertas di dalamnya yang sudah menguning. Seiring bertambahnya usia, kertas akan mengalami penurunan kualitas salah satunya dengan berubah warna.

Kertas yang berbahan baku kayu punya zat gelap yang bernama lignin. Zat tersebut adalah alasan utama mengapa buku anda menguning. Lignin merupakan zat yang berfungsi terhadap kekakuan kayu dan bahkan bertahan setelah dilakukan produksi kertas.

Dikutip dari Lifestyle.okezone.com dan Celebrities.id, berikut beberapa hal yang bisa Telisikers lakukan untuk menjaga buku-buku tidak menguning meski dimakan usia:

Baca Juga: 4 Posisi Seks Bikin Cepat Hamil

1. Jauhkan dari Sinar Matahari

Jangan sekali-kali menaruh buku kesayangan anda di bawah paparan sinar matahari dan cahaya ekstrem. Sinar matahari adalah satu penyebab kertas buku yang menguning, zat lignin yang ada dalam kertas dapat berkurang kualitasnya jika terpapar sinar matahari.

Saat buku terkena sinar matahari atau cahaya yang kuat, sampul dan halaman akan cepat rusak. Jadi, ada baiknya anda menempatkan buku-buku anda di tempat yang gelap atau minim pencahayaan.

2. Simpan di Suhu Dingin

Selain cahaya, suhu panas juga bisa menjadi penyebab lain kerusakan buku. Jauhkan buku anda dari tempat yang panas, menyimpan buku di bawah bantal juga bisa jadi alternatif yang bagus untuk menjaga buku dari kerusakan.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Cara Diet Efektif untuk Mengawali Tahun Baru

3. Jauhkan dari Tempat Lembab

Meski anda disarankan untuk menyimpan buku di tempat yang dingin, namun jangan sampai tempat tersebut bersifat lembab. Karena kondisi lembab juga akan membuat kertas di buku menjadi kuning.

Jangan tempatkan buku di dinding yang sisi sebelahnya langsung menghadap ke luar ruangan. Hal ini akan menimbulkan kelembaban saat hujan turun. Area lembab juga akan menimbulkan jamur dan bau apek untuk buku.

Kondisi lembab juga akan mengundang serangga perusak buku seperti gegat hinggap di buku anda. Sirkulasi udara yang baik adalah kunci untuk menjaga koleksi Anda dalam kondisi yang baik. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga