3 Ton Beras Bersubsidi Diluncurkan di Pasar Murah Batu Atas Buton Selatan

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Jumat, 07 Juni 2024
0 dilihat
3 Ton Beras Bersubsidi Diluncurkan di Pasar Murah Batu Atas Buton Selatan
Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman saat gelar pasar murah di Desa Wacuala, Batu Atas. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Sebanyak 3 ton beras bersubsidi dijual dengan harga miring kepada masyarakat Kecamatan Batu Atas, Kabupaten Buton Selatan "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID – Sebanyak 3 ton beras bersubsidi dijual dengan harga miring kepada masyarakat Kecamatan Batu Atas, Kabupaten Buton Selatan. Masyarakat mengucapkan terima kasih atas digelarnya pasar murah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Buton Selatan, Isur Hanafsan, membenarkan sebanyak 3 ton beras disalurkan di Pasar  Murah Batu Atas yang meripakan hasil kerja sama dengan Bulog Kota Baubau.

Ia mengungkapkan alasan sembako Pasar Murah di Pulau Batu Atas kurang lengkap sebab bertepatan dengan hari libur bersama, sehingga Bulog Kota Baubau memaklumi hal tersebut dan hanya dapat menyuplai 3 ton beras untuk kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Buton Selatan beserta rombongan ke Pulau Batu Atas pada Sabtu (11/5/2024).

Baca Juga: Tingkatkan Mutu Kesehatan Pj Bupati Buton Selatan Resmikan 4 Posyandu Primer di Batu Atas

Isur mengatakan, dengan digelarnya pasar murah di Pulau Batu Atas adalah langkah Pemerintah Kabupaten Buton Selatan menekan laju inflasi di pulau tersebut.

Utamanya harga beras yang tinggi dikarenakan beberapa faktor seperti biaya angkut dan transportasi dari Kota Baubau sehingga harga jual dinaikkan menjadi dua kali lipat.

Seorang ibu rumah tangga asal Desa Tolando Jaya, Kecamatan Batu Atas, Siti mengaku bahwa di Pulau Batu Atas harga jual beras begitu tinggi dikarenakan sudah dihitung dengan biaya opersional yang mana menembus hingga ratusan ribu rupiah.

Ia menuturkan bahwa di Pulau Batu Atas jarang menjual beras dengan ukuran 5 kg maupun 10 kg dimana rata-rata beras yang dijual di warung kelontong ialah beras dengan ukuran 25 kg sampai 50 kg.  Sehingga dirinya berterima kasih sebab kalau bukan di pasar murah, akan sangat sulit mendapatkan beras dengan ukuran tersebut.

Apalagi kata dia dengan harga yang masih terjangkau, hanya dengan Rp 120.000 masyarakat sudah dapat membawa pulang beras berukuran 10 kg. Siti beserta ibu rumah tangga lainnya di Pulau Batu Atas berharap berikutnya dapat dilakukan kembali program pasar murah dengan harga lebih murah lagi.

“Di sini tidak jual beras 5 kg, 10 kg, main satu karung yang 25 kg dan 50 kg,” ujar Siti, Sabtu  (11/5/2024).

Baca Juga: Kunker ke Kabupaten Buton, Pj Bupati Buton Selatan Jalin Sinergitas Antar Forkopimda

Sementara itu, Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman menyebutkan, ada 2 desa yang akan diselenggarakan pasar murah di Pulau Batu Atas, yakni Desa Tolando Jaya dan Desa Wacuala yang merupakan rangkaian kunjungan kerjanya bersama rombongan Kepala OPD se-Kabupaten Buton Selatan.

Untuk satu karung beras ukuran 5 kg dibanderol dengan harga Rp 60.000. Disediakan sebanyak 3 ton beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Batu Atas. Budimana mengatakan, sebab bertepatan dengan libur bersama sehingga yang dapat memperoleh beras tidak dengan gula pasir dan minyak goreng seperti pada pasar murah yang biasa digelar di tiap-tiap Kecamatan Batu Atas.

“Berasnya sudah bisa langsung ambil bayar Rp 60 ribu ambil 1 karung,” tandasnya. (A)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga