3 WNI Jadi Korban Kapal Tanker Minyak Meledak di Hong Kong

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 17 April 2022
0 dilihat
3 WNI Jadi Korban Kapal Tanker Minyak Meledak di Hong Kong
Ilustrasi kapal meledak di perairan. Foto: Repro BBC

" Sebuah kapal tanker minyak dilaporkan meledak di perairan sisi timur Hong Kong "

HONG KONG, TEKISIK.ID - Sebuah kapal tanker minyak dilaporkan meledak di perairan sisi timur Hong Kong. Kejadian tersebut terjadi, Sabtu (16/4/2022) waktu setempat.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id dari VOA, akibat insiden itu satu orang dikabarkan tewas dan enam mengalami luka-luka. Bahkan disebutkan juga ada WNI yang menjadi korban.

Layanan Penerbangan Pemerintah Hong Kong mengatakan, telah diberitahu sebuah kapal tanker minyak meledak di perairan 300 kilometer di sebelah timur Hong Kong pada sekitar pukul 16:05 waktu setempat.

Seorang juru bicara pemerintah mengatakan, penyebab ledakan itu masih belum jelas hingga Sabtu (16/4/2022) malam.

Api di kapal tanker minyak padam pada saat tim penyelamat tiba, juru bicara pemerintah mengatakan kepada AFP, bahwa kapal itu kehilangan mobilitas.

Baca Juga: Pemerintah RI Kecam Serangan Israel di Masjid Al Aqsa

Pihak berwenang mengirim sebuah pesawat sayap tetap dan dua helikopter untuk menyelamatkan tujuh anggota awak yang dilaporkan terluka.

Seorang pria telah meninggal saat tim penyelamat tiba di kapal yang terdaftar di Panama, "Chuang Yi" seberat 5.547 ton.

Baca Juga: Sri Lanka Bangkrut karena Utang, Minta Warganya di Luar Negeri Kirim Uang, Indonesia Hati-Hati

Tiga pria berkewarganegaraan Indonesia berusia tiga puluhan terluka parah, termasuk satu dengan luka bakar tingkat dua yang menutupi 30 persen tubuhnya dan yang lainnya dengan luka bakar di wajah mereka.

Dua pria warga negara Indonesia lainnya dan seorang pria Burma, semuanya berusia antara 30 dan 40 tahun, mengalami luka yang tidak terlalu serius seperti laserasi dan luka bakar.

Pihak berwenang tidak dapat memastikan apakah ada tumpahan minyak karena jarak pandang yang buruk setelah malam tiba, kata juru bicara itu kepada AFP. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga