adplus-dvertising

30 Calon Jemaah Haji Muna Diberangkatkan, 10 di Antaranya Pasangan Suami Istri

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 22 Juni 2022
369 dilihat
30 Calon Jemaah Haji Muna Diberangkatkan, 10 di Antaranya Pasangan Suami Istri
Calon jemaah haji Kabupaten Muna yang diberangkatkan oleh Wabup Muna, Bachrun Labuta menuju Embarkasi Makassar. Foto: Sunaryo/Telisik

" 30 calon jemaah haji ini terdiri dari 13 laki-laki dan 17 perempuan dengan usia termuda 29 tahun serta tertua 69 tahun "

MUNA, TELISIK.ID - Wakil Bupati (Wabup) Muna, Bachrun Labuta melepas 30 calon jemaah haji. Mereka bertolak dari Bandar Udara Sugimanuru, Muna Barat, menuju Embarkasi Makassar untuk bergabung dengan jemaah dari daerah lain di kloter tujuh, Rabu (22/6/2022).

Kepala Kementrian Agama Muna, Kamaruddin menerangkan, 30 calon jemaah haji ini terdiri dari 13 laki-laki dan 17 perempuan dengan usia termuda 29 tahun serta tertua 69 tahun.

"30 calon jemaah haji itu, di antaranya 10 pasangan suami istri," kata Kamaruddin.


Kamaruddin menjelaskan, sebenarnya jumlah calon jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci sebanyak 78 orang. Namun karena pemberangkatan haji dua tahun berturut-turut (2020-2021) ditunda akibat pandemi COVID-19, sehingga jumlah kuota dikurangi.

"Untuk Sultra kuota haji 917. Muna kebagian hanya 30," sebutnya.

Bagi para jemaah, Kamaruddin berpesan agar tetap menjaga kesehatan selama berada di Mekkah. Utamanya, mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan tetap menggunakan masker.

Ketua Rombongan calon jemaah haji Muna, Ashar Dulu menerangkan, untuk bisa menunaikan rukun Islam kelima, mereka harus menunggu 10 tahun.

"Kita mendaftar pada bulan Januari dan awal Februari tahun 2012," sebutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Muna, La Ode Rimba Sua mengaku, sebelum pemberangkatan, mereka telah menjalani pemeriksaan kesehatan. Mereka pula telah divaksin booster, suntik meningitis dan anti flu.

"Mereka juga sudah mengantongi hasil test PCR yang berlaku selama 72 jam," sebutnya.

Baca Juga: Dana PEN Buton Utara Cair 25 Persen, Juli Pembangunan Infrastruktur Dimulai

Sementara itu, Wabup Muna, Bachrun Labuta menitip harapan pada calon jemaah haji untuk mengangkat tangan dan mendoakan masyarakat Muna agar ke depannya makin ramai pesertanya yang ke tanah suci di masa mendatang.

Wabup juga mengharap doa agar diberi petunjuk, kesehatan dan kekuatan dalam memajukan dan memakmurkan Bumi Sowite tercinta.

"Terpenting jaga stamina dan kesehatan, sehingga bisa tiba dengan selamat kembali ke daerah," pesannya.

Baca Juga: Dampak Guyonan Bom, Lion Air Grup Blacklist Seumur Hidup Mantan Bupati Buton Selatan

Para calon jemaah haji akan terbang menuju Jedah, Mekah, pada Kamis 23 Juni pukul 23.05 Wita dan diperkirkan tiba di Banda Udara King Abdul Azis, Jeddah pada 24 Juni pukul 07.40 waktu setempat. Mereka akan kembali ke Muna pada 8 Agustus mendatang. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga