3000 Warga Nambo Masih Sulit Urus Administrasi Kependudukan, Ini Masalahnya

Kardin, telisik indonesia
Senin, 08 November 2021
0 dilihat
3000 Warga Nambo Masih Sulit Urus Administrasi Kependudukan, Ini Masalahnya
Komisi I DPRD Kota Kendari saat melakukan RDP terkait warga Kecamatan Nambo. Foto: Kardin/Telisik

" Setelah menjadi kecamatan baru di Kota Kendari, Nambo rupanya masih mengalami masalah, terutama terkait urusan administrasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Setelah menjadi kecamatan baru di Kota Kendari, Nambo rupanya masih mengalami masalah, terutama terkait urusan administrasi.

Pasalnya, sebanyak 3000-an warga Kelurahan Wundumbatu, Kecamatan Nambo yang telah memiliki KTP daerah tersebut rupanya masih belum diakui secara administrasi dikarenakan kode administrasi wilayahnya belum dikeluarkan kementerian terkait, meski sudah ada kode wilayahnya.

Alhasil, segala kepengurusan administrasi warga Nambo di Kelurahan Wundumbatu terpaksa harus berurusan di Kelurahan Rondauna di wilayah Kecamatan Poasia.

Camat Nambo, Dasri menuturkan, berhubung masih kode wilayah lama yang dipakai maka pengurusan administrasi masih dilakukan di Kecamatan Poasia.

"Palingan kalau ada masyarakat Nambo yang mau urus administrasi maka pergi ke UPTD Capil Kecamatan Poasia, karena belum ada kode administrasi untuk Nambo," beber Dasri saat ditemui usai RDP bersama Komisi I DPRD Kendari, Senin (8/11/2021).

Sementara itu, Camat Poasia, Yahya juga mengakui jika warga Kelurahan Wundumbatu masih melakukan pengurusan administrasi di Kelurahan Randouna yang masuk wilayah kecamatannya.

"Jadi belum ada kepastian Kelurahan Wundumbatu itu. Ini lah yang menjadi masalah, karena semua urusan warga Wundumbatu itu dilarikan ke Randouna," bebernya.

Baca Juga: Begini Konsep Tiap Lantai Perpustakaan Modern Sultra, Ada Bioskop

Yahya juga menerangkan, status administrasi warga Kelurahan Wundumbatu belum terdaftar karena belum keluarnya kode administrsi wilayah dari kementerian.

"Saat ini belum bisa dipisahkan mana kewenangan Wundumbatu dan Rondauna, karena kode administrasinya belum keluar," terangnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi I DPRD Kota Kendari, Rizki Brilian Pagala mengakui, jika untuk Kelurahan Wundumbatu, Kecamatan Nambo belum memiliki kode administrasi.

Baca Juga: Berkantor di Dalam Tugu Religi, Dispora Sultra Sering Kebanjiran

Namun kata dia, hasil dari peninjauan di kemeterian terkait, dapat dipastikan akhir tahun ini nomor kode administrasinya sudah bisa keluar.

"Hasil komunikasi terakhir di Kemendagri, InsyaAllah bulan 12 itu sudah bisa keluar kode administrasinya," ungkapnya. (A)

Reporter: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga