4 Aktivitas Ngabuburit Seru Sambil Nunggu Buka Puasa, Nomor 3 Bikin Pahala Melimpah

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 05 April 2022
0 dilihat
4 Aktivitas Ngabuburit Seru Sambil Nunggu Buka Puasa, Nomor 3 Bikin Pahala Melimpah
Aktivitas pengajian, Ngabuburit sambil nunggu buka puasa. Foto: Getty Image

" Ngabuburit merupakan tradisi yang identik dengan bulan ramadan di Indonesia. Istilah ini merujuk pada waktu menunggu berbuka puasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Ngabuburit merupakan tradisi yang identik dengan bulan ramadan di Indonesia. Istilah ini merujuk pada waktu menunggu berbuka puasa. 

Biasanya, ngabuburit diisi dengan banyak kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Berikut Telisik.id merangkum 5 Aktivitas ngabuburit seru sambil nunggu buka puasa dilansir dari berbagai sumber.

1. Melihat matahari terbenam (sunset)

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan saat menunggu waktu berbuka puasa adalah melihat matahari tenggelam atau sunset.

Jika rumahmu tak jauh dari pantai atau area persawahan, menyaksikan momen sunset di sana bisa jadi pilihan. Namun, jika rumah berada di perkotaan, kamu juga bisa mencoba ke tempat-tempat wisata atau tempat yang memang dikhususkan untuk melihat pemandangan sunset.

2. Berburu takjil

Salah satu hal seru saat Ramadhan tiba adalah banyaknya pedagang kudapan alias takjil.

Bahkan, kebanyakan kota di Indonesia juga menyediakan tempat dengan area luas dan nyaman untuk banyak penjual takjil, sehingga pembeli bisa memilih dengan bebas.

Baca Juga: Amankah Makan Gorengan Saat Buka Puasa? Berikut Penjelasannya

Kalian bisa berburu makanan untuk berbuka di tempat tersebut, atau jika bosan coba mencari makanan di restoran atau kafe yang menyediakan paket buka puasa dengan harga terjangkau. 

3. Ikut pengajian

Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tempat untuk banyak-banyak melakukan ibadah dan introspeksi diri. 

Kamu bisa mengisi waktu jelang berbuka dengan beribadah, seperti mambaca Al Quran atau ikut pengajian setempat. Biasanya selama bulan puasa ada lebih banyak pengajian yang digelar, seperti di masjid terdekat atau pengajian yang diadakan kantor hingga sekolahan. 

4. Nonton film

Waktu menunggu berbuka puasa biasanya bisa terasa lama bagi sebagian orang, sehingga mencari sesuatu unyuk mengalihkan rasa lapar bisa jadi pilihan. 

Baca Juga: Bunda Wajib Baca, Psikolog Ungkap 4 Tips Ajari Anak Berpuasa Sejak Dini

Misalnya, dengan menontin film atau serial. Kalian bisa mencoba pergi ke bioskop, atau sekadar menonton lewat televisi atau laptop.  Ada banyak genre film yang bisa kamu pilih, seperti action, comedy, fantasy, sci-fi, horror, dan lain-lain. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Baca Juga