4 Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 09 Maret 2023
0 dilihat
4 Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit
Terdapat sejumlah alternatif sebagai pengganti minyak goreng sawit untuk memasak. Foto: bhinneka.com

" Minyak goreng sawit menjadi bahan yang selalu tersedia di dapur untuk memasak. Namun ternyata ada sejumlah alternatif sebagai pengganti minyak goreng sawit ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Minyak goreng sawit menjadi bahan yang selalu tersedia di dapur untuk memasak. Namun ternyata ada sejumlah alternatif sebagai pengganti minyak goreng sawit ini.

Dikutip dari kemkes.go.id, minyak goreng merupakan bahan pangan yang sering digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di dapur untuk memasak.

Minyak goreng bersifat menghantarkan panas, yang terbuat dari kelapa sawit dengan melalui proses perebusan selama 90 menit dan 3 kali penyaringan.

Namun ternyata ada sejumlah alternatif sebagai pengganti minyak goreng sawit ini.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Membuat Inovasi dalam Bisnis Kamu

Melansir yoursay.id dari berbagai sumber, berikut beberapa alternatif pilihan minyak goreng selain sawit:

1. Minyak Wijen

Minyak wijen merupakan minyak yang juga banyak digunakan untuk memasak. Minyak wijen juga bisa menjadi alternatif pengganti dari minyak goreng sawit.

Dilansir dari sehatq.com penelitian menunjukkan jika penderita diabetes tipe-2 yang rutin mengonsumsi minyak wijen bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

Walaupun minyak wijen tergolong minyak yang sehat, kebanyakan minyak ini cocok digunakan untuk menumis ketimbang untuk menggoreng.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang umum banyak digunakan ketika memasak. Dilansir dari sehatq.com bahwa minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak beserta antioksidan yang cukup baik untuk kesehatan tubuh.

Minyak zaitun juga cenderung stabil ketika dipanaskan. Oleh sebab itu, minyak zaitun termasuk ke dalam kategori minyak yang sehat. Titip asapnya juga tergolong tinggi, jadi antioksidan serta vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun tidak akan cepat rusak.

3. Minyak Bunga Matahari

Minyak bunga matahari juga termasuk golongan minyak yang sehat. Dilansir dari laman yesdok.com jika minyak bunga matahari kaya akan kandungan vitamin E.

Selain itu, minyak bunga matahari juga bagus untuk kesehatan jantung. Tak hanya manfaatnya yang luar biasa, minyak bunga matahari juga memiliki keuntungan tidak cepat gosong ketika digoreng. Hal ini merupakan pilihan alternatif yang bagus sebagai pengganti minyak sawit ketika menggoreng masakan.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Cegah Kamu Terserang Stroke

4. Minyak Kanola

Kanola merupakan singkatan (Canada oil low acid) juga termasuk ke dalam minyak yang sehat untuk dikonsumsi. Minyak kanola juga termasuk ke dalam minyak yang mengandung lemak tak jenuh tunggal.

Dilansir dari hellosehat.com minyak kanola memiliki kaya akan kandungan asam alfa-linoleat, yang merupakan bentuk dari omega-3 sehingga bisa menyehatkan jantung.

Minyak kanola bisa digunakan untuk memanggang maupun menumis. Namun, hindari penggunaan minyak yang digunakan berulang kali, sebab minyak kanola akan tidak stabil setelah dipanaskan.

Nah, itulah beberapa alternatif minyak goreng pilihan selain sawit untuk si kalau saat memasak. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga