4 Buah Punya Manfaat Tambah Darah untuk Cegah Anemia

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 16 Desember 2022
0 dilihat
4 Buah Punya Manfaat Tambah Darah untuk Cegah Anemia
Pisang pasalnya mengandung karbohidrat, kalium dan magnesium yang tinggi. Selain itu, buah ini juga mempunyai zat besi yang mampu mencegah penyakit anemia. Foto: GridHEALTH.id

" Buah mempunyai kandungan nutrisi dan vitamin yang berfungsi membantu mencegah berbagai penyakit di tubuh, salah satunya anemia. Anemia sendiri adalah kondisi kekurangan tubuh pada darah yang berakibat rasa lelah berlebih "

JAKARTA, TELISIK.ID - Buah mempunyai kandungan nutrisi dan vitamin yang berfungsi membantu mencegah berbagai penyakit di tubuh, salah satunya anemia. Anemia sendiri adalah kondisi kekurangan tubuh pada darah yang berakibat rasa lelah berlebih.

Dilansir dari lifestyle.okezone.com dan detik.com, berikut beberapa buah yang dapat menamba darah dan mencegah anemia, cocok untuk Telisikers perempuan yang sedang datang bulan:

1. Pisang

Buah yang murah dan sering ditemui ini ternyata punya banyak manfaat kesehatan. Pisang pasalnya mengandung karbohidrat, kalium dan magnesium yang tinggi. Selain itu, buah ini juga mempunyai zat besi yang mampu mencegah penyakit anemia.

Baca Juga: 4 Masker Bahan Alami Atasi Kulit Wajah yang Kering

Pisang mempunyai banyak vitamin yang dapat memengaruhi produksi darah dalam tubuh. Belum selesai, pisang mengandung asam folat yang tinggi untuk membantu produksi sel darah merah. Kekurangan asam folat dapat mengurangi tingkat hemoglobin dalam tubuh, hal inilah yang menyebabkan penyakit anemia yang punya gejala lemas dan pusing.

2. Jeruk

Buah yang berwarna oranye ini sering disebut sebagai buah yang paling kaya akan vitamin C. Vitamin C ternyata bisa berfungsi membantu meningkatkan zat besi dalam tubuh. Anemia sendiri salah satu kondisi yang disebabkan kurangnya zat besi. Oleh karen itu, mengkonsumsi jeruk sangat baik untuk menghasilkan vitamin C dalam memperkaya zat besi. Selain itu, jeruk juga kaya akan asam folat yang dapat mengikat oksigen agar distribusi perdaran sel darah merah menjadi lebih lancar.

Baca Juga: 3 Keunggulan Saat Kamu Pakai Skincare Organik

3. Naga

Buah yang satu ini mengandung zat besi, fosfor, dan kalium. Zat-zat tersebut berperan besar dalam memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Tidak heran buah naga menjadi buah yang banyak dimakan saat seseoang lemas karena anemia.

4. Tomat

Buah tomat berfungsi untuk mengurangi aktivitas enzim pengubah angiotensin yang dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga tomat berperan untuk mengurangi tekanan darah.

Kandungan dalam ekstrak buah tomat juga sangat bermanfaat untuk membuka pembuluh darah lebih lebar, agar aliran darah di dalam tubuh lebih lancar dan mencegah anemia. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga