4 Cara Alami Menghilangkan Daki di Badan, Patut Dicoba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 17 November 2022
0 dilihat
4 Cara Alami Menghilangkan Daki di Badan, Patut Dicoba
Untuk menghilangkan daki yang ada di badan, bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami. Foto: Repro google.com

" Untuk menghilangkan daki di badan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan bahan alami yang ada di sekitar "

KENDARI, TELISIK.ID – Untuk menghilangkan daki di badan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan bahan alami yang ada di sekitar.

Dikutip dari klikdokter.com, daki atau munculnya area kehitaman di beberapa lipatan kulit merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami banyak orang.

Daki bisa muncul di area lipatan mana pun pada tubuh Anda. Salah satu area yang mungkin paling banyak daki adalah leher, ketiak dan selangkangan.

Daki sendiri merupakan kotoran pada lipatan tubuh yang menumpuk akibat kebersihan yang kurang terjaga. Daki bisa berupa sel kulit mati, sebum, maupun keringat yang terus menumpuk di lipatan tersebut.

Baca Juga: Bisa Ditiru, Ini Tips Cantik Alami Istri Presiden Korea Selatan Tetap Awet Muda di Usia 50-an

Keringat yang menumpuk ini nantinya akan membentuk semacam plak berwarna hitam atau cokelat yang sulit dibersihkan. Hal ini tentu mengganggu penampilan dan menandakan ada bagian tubuh yang belum bersih.

Untuk menghilangkan atau membersihkan daki di badan banya cara bisa dilakukan, salah satunya dengan menggunakan bahan alami.

Melansir alodokter.com, berikut beberapa cara menghilangkan daki dengan bahan alami antara lain:

1. Kopi

Menurut penelitian, kopi mengandung kafein yang dapat menyamarkan selulit. Selain itu, kandungan antioksidan pada kopi mampu mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit.

Untuk membuat scrub kopi, sebagai cara menghilangkan daki Anda bisa mencampurkan ½ cangkir bubuk kopi dengan 2 sendok makan air panas dan 1 sendok teh minyak kelapa.

2. Gula dan madu

Gula mengandung glukosa yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, sedangkan madu mengandung antioksidan untuk menjaga kelembaban kulit. Cara menghilangkan daki menggunakan scrub gula dan madu dapat Anda lakukan dengan mencampurkan ½ cangkir gula, ¼ cangkir minyak kelapa, dan 2 sendok makan madu.

3. Green tea

Green tea atau teh hijau juga bisa digunakan sebagai scrub untuk membersihkan kulit berminyak dan menghilangkan daki. Untuk membuat scrub ini, campurkan 2 kantong teh hijau bubuk dengan sedikit air.

4. Garam halus

Cara menghilangkan daki berikutnya adalah menggunakan scrub garam halus. Garam mampu mengangkat kotoran dan minyak di kulit. Untuk membuat scrub, campurkan ½ cangkir garam dengan ½ cangkir minyak kelapa, lalu aduk hingga merata.

Anda dapat mengoleskan scrub dari bahan-bahan alami tersebut ke kulit dengan gerakan melingkar, lalu bersihkan menggunakan air hangat.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Bikin Anak Mau Bantu Pekerjaan di Rumah

Cara menghilangkan daki dengan eksfoliasi ini sebaiknya dilakukan setiap 2–3 kali seminggu. Ini karena eksfoliasi berlebihan dapat membuat kulit menjadi kering, sensitif, dan iritasi.

Selain itu, scrub dari bahan-bahan alami di atas hanya boleh digunakan di kulit tubuh saja. Hindari penggunaan scrub di area wajah karena kulit wajah lebih sensitif daripada kulit tubuh.

Jika kulit Anda mengalami reaksi alergi atau iritasi setelah mencoba cara menghilangkan daki dengan bahan alami di atas, segera bersihkan kulit dari bahan tersebut dan konsultasikan ke dokter. Dokter dapat memberikan saran mengenai cara menghilangkan daki yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan daki dengan menggunakan bahan alami. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga