4 Cara Ampuh Mengatasi Punggung Pegal Secara Alami

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 06 April 2024
0 dilihat
4 Cara Ampuh Mengatasi Punggung Pegal Secara Alami
Pegal punggung yang dialami seringkali membuat tidak nyaman dalam beraktivitas. Foto: Repro backtohealthphysio.com.au

" Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami seseorang adalah pegal punggung. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, diantaranya dengan secara alami "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami seseorang adalah pegal punggung. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, diantaranya dengan secara alami.

Pada umumnya, dikutip dari kemkes.go.id, pegal atau nyeri punggung merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan adanya rasa sakit atau ketidaknyamanan pada daerah belakang tubuh, yang mencakup tulang belakang, otot, ligamen, atau saraf di sekitar punggung.

Nyeri punggung dapat dibagi menjadi dua jenis utama: nyeri punggung akut dan nyeri punggung kronis.

Nyeri punggung akut terjadi secara tiba-tiba dan umumnya berlangsung selama beberapa minggu atau bulan. Biasanya disebabkan oleh cedera fisik, gerakan yang salah, atau terlalu banyak beban pada punggung.

Sementara nyeri punggung kronis, di sisi lain, berlangsung lebih dari 12 minggu dan dapat disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya, seperti hernia tulang belakang, osteoartritis, atau gangguan saraf.

Baca Juga: 5 Tips Aman Melakukan Perjalanan Jauh saat Puasa

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri punggung ini, diantaranya dengan secara alami.

Melansir alodokter.com, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pegel punggung secara alami:

1. Melakukan kompres hangat

Melakukan kompres hangat pada punggung bermanfaat untuk melancarkan aliran darah di area tersebut sehingga otot yang tadinya kaku menjadi lebih rileks. Dengan begitu, keluhan pegal di punggung yang Anda alami berkurang. 

Untuk melakukan cara mengatasi punggung pegal ini, rendamlah kain atau handuk bersih di dalam air hangat. Lalu, letakkan handuk tersebut pada area punggung yang terasa pegal selama 10–15 menit.

2. Memberikan pijatan

Cara mengatasi punggung pegal selanjutnya adalah memberikan pijatan. Dengan memijat area punggung yang terasa pegal, otot-otot punggung yang tegang pun bisa kembali rileks. Dengan begitu, keluhan punggung pegal bisa cepat teratasi.

Adapun cara memijat punggung untuk menghilangkan keluhan pegal adalah sebagai berikut:

- Letakkan ibu jari Anda ke area punggung yang terasa pegal.

- Tekan ibu jari sambil menggerakkannya secara lembut dengan gerakan memutar.

- Lakukan pijatan selama 3–5 menit atau hingga rasa tidak nyaman di punggung berkurang.

Memberikan pijatan pada punggung sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri. Namun, bila keluhan pegal terjadi pada bagian punggung yang tidak bisa dijangkau oleh tangan, Anda bisa meminta bantuan orang terdekat untuk melakukan pijatan. 

3. Memperbanyak istirahat

Memperbanyak istirahat sangat penting dilakukan bila Anda mengalami punggung pegal. Hal ini bertujuan agar otot punggung yang tegang bisa kembali rileks dan rasa tidak nyaman yang muncul pada punggung berkurang.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk tidak melakukan berbagai aktivitas yang terlalu berat, seperti berolahraga, sebagai cara mengatasi punggung pegal. Pasalnya, kegiatan tersebut bisa menambah ketegangan pada otot punggung sehingga keluhan pegal yang muncul berlangsung lebih lama.

4. Melakukan peregangan ringan

Melakukan stretching atau peregangan ringan secara rutin juga bisa mengurangi ketegangan otot yang memicu punggung pegal, terutama bila keluhan tersebut muncul akibat duduk terlalu lama. Salah satu gerakan stretching yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi punggung pegal adalah shoulder roll.

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan shoulder roll:

Baca Juga: Simak 9 Tips Ampuh Beli Tiket Pesawat Murah

- Mulailah dengan posisi berdiri tegak sambil membusungkan dada.

- Angkat kedua bahu lalu putar ke arah belakang secara perlahan. Pastikan kedua tangan Anda tetap berada di samping tubuh. 

- Ulangi gerakan tersebut sebanyak 10–15 kali. 

- Sebagai variasi, putarlah bahu ke arah depan.

Tak hanya mengurangi ketegangan pada otot, stretching yang dilakukan secara rutin juga bisa mencegah kambuhnya keluhan tersebut. Dengan begitu, Anda dapat dari berbagai masalah otot, termasuk pegal.

Nah, itulah beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk pegel pada punggung. Semoga bermanfaat.

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga