4 Cara Hilangkan Bau Ketiak

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 21 Agustus 2023
0 dilihat
4 Cara Hilangkan Bau Ketiak
Keringat di area ketiak pasti membuat bau tak sedap pada pakaian. Foto: Repro Solusibuatattack.com

" Bau ketiak terjadi ketika bakteri yang terdapat pada kulit ketiak bertemu dengan keringat yang diproduksi oleh tubuh di area ketiak "

KENDARI, TELISIK.ID - Bau ketiak tak hanya mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika tak segera diatasi, dapat memicu penurunan rasa percaya diri. Bau ketiak terjadi ketika bakteri yang terdapat pada kulit ketiak bertemu dengan keringat yang diproduksi oleh tubuh di area ketiak.

Keringat diproduksi oleh tubuh di seluruh bagian tubuh, tetapi keringat yang dihasilkan pada area ketiak mengandung lebih banyak protein dan lemak. Itulah sebabnya, saat keringat di ketiak terpapar bakteri pada kulit ketiak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Anda bisa menghilangkan bau ketiak dengan beberapa cara berikut ini, seperti dilansir dari Halodoc.com dan Detik.com:

1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Bau ketiak bisa kamu atasi dengan menjaga kebersihan tubuh setiap hari. Anda bisa menggunakan sabun anti bakteri untuk menurunkan risiko paparan bakteri di area ketiak. Setelah mandi, pastikan mengeringkan tubuh dengan baik khususnya di area ketiak

Baca Juga: 4 Cara Hilangkan Bau Badan dengan Bahan Alami

2. Pilih Bahan Pakaian yang Tepat

Pakaian yang terbuat dari bahan seperti katun atau linen dapat membantu mencegah penumpukan keringat dan menjaga area ketiak tetap kering. Berganti pakaian setidaknya sekali sehari atau lebih sering jika kamu berkeringat banyak. Pakaian yang lembap dapat menjadi tempat ideal bagi bakteri untuk berkembang biak.

3. Hindari Mengonsumsi Makanan yang Memicu Keringat

Untuk menghindari keringat berlebih, batasi mengonsumsi makanan yang pedas dan panas. Aroma bawang putih dan bawang bombay bisa bercampur dengan keringat tubuh, pastikan kamu membatasi  kedua jenis bawang tersebut.

Baca Juga: Cara Atasi Tumit dan Kaki Pecah-Pecah

Minuman yang mengandung alkohol dan kafein juga memicu keringat berlebih. Sebaiknya batasi untuk menghindari bau ketiak.

4. Mencukur Area Ketiak

Memastikan area ketiak bebas dari rambut halus bisa menurunkan risiko bau ketiak. Anda bisa mencukur ketiak dengan alat cukur yang bersih dan steril. Proses waxing juga bisa menjadi pilihan untuk membersihkan rambut-rambut halus di ketiak. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga