4 Cara Melatih Disiplin Waktu dalam Diri, Wajib Dicoba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 15 Oktober 2022
0 dilihat
4 Cara Melatih Disiplin Waktu dalam Diri, Wajib Dicoba
Disiplin dalam menggunakan waktu menjadi salah satu kunci untuk meraih kesuksesan. Foto: Repro sleekr.co

" Salah satu kunci kesuksesan yang diraih seseorang adalah kedisiplinan, khususnya terhadap waktu "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kunci kesuksesan yang diraih seseorang adalah kedisiplinan, khususnya terhadap waktu.

Pada umumnya, dikutip dari gramedia co.id, disiplin waktu merupakan sikap seseorang yang bisa menggunakan waktu dengan baik dan membaginya.

Waktu sangat berharga dan salah satu kunci sukses adalah penggunaan waktu dengan baik. Maka perlu diketahui cara agar kita bisa benar-benar disiplin dalam menggunakan waktu agar tidak berlalu begitu saja.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mencegah Munculnya Karang Gigi

Melansir yoursay.id dari postingan @potensidiri.perempuan, berikut beberapa cara untuk melatih disiplin waktu agar waktu tidak terbuang percuma begitu saja:

1. Tentukan prioritas

Cara pertama yang harus kamu lakukan agar bisa disiplin adalah menentukan prioritas. Semakin penting atau urgent sesuatu, maka kamu harus menempatkannya di urutan teratas.

Tugas-tugas yang kamu anggap penting harus dicatat dan jika perlu ditempel agar kamu mudah mengingatnya. Dengan demikian, kamu akan terbiasa untuk disiplin dalam mengerjakan hal yang mendesak terlebih dahulu.

2. Hindari kebiasaan menunda

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah menghindari kebiasaan menunda. Semakin banyak tugas yang kamu tunda pengerjaannya, maka akan semakin bertumpuk pula hal-hal yang harus kamu kerjakan.

Kamu jadi akan malas mengerjakannya ketika melihat daftar hal yang harus diselesaikan sangat panjang. Waktumu juga akan jadi terbuang sia-sia serta tidak termanfaatkan dengan maksimal.

3. Harus bersikap tegas

Kamu harus bersikap tegas terhadap dirimu sendiri agar bisa menerapkan disiplin dalam diri. Jangan terlalu mudah terdistraksi dengan berbagai gangguan.

Baca Juga: Hindari Pakai Face Mask Setiap Hari, Bisa Hilangkan Manfaatnya

Kita juga harus tegas ketika menolak sesuatu yang tidak bisa kita kerjakan. Jangan menerima semua tugas yang bisa kita tolak, karena hal ini hanya akan berimbas pada diri kita sediri. Tidak semua hal harus kita yang menyelesaikan dan mengerjakannya.

4. Hindari perfeksionis

Kesempurnaan sebenarnya adalah sebuah ilusi yang semu. Sekuat apa pun kita mencoba untuk sempurna, pada kenyataannya pasti ada celah yang terlewat.

Jika kita menunda menyelesaikan sesuatu dengan alasan ingin sempurna, kita tidak akan pernah bisa menyelesaikannya. Mencari kesempurnaan hanya akan menghambat langkah kita untuk maju ke tahap selanjutnya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih diri agar bisa disiplin waktu. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga