4 Cara Mengontrol Asupan Gula per Hari, Patut Dicoba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 03 Oktober 2022
0 dilihat
4 Cara Mengontrol Asupan Gula per Hari, Patut Dicoba
Gula yang dikonsumsi setiap hari harus dikontrol agar pola hidup sehat tetap terjaga. Foto: Repro Shutterstock

" Konsumsi gula yang berlebihan berbahaya bagi kesehatan, salah satunya meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu bahan yang banyak dipakai sebagai bumbu dapur adalah gula. Mengingat gula membuat cita rasa masakan menjadi manis sesuai selera.

Dikutip dari pakarkimia.com, gula merupakan komponen struktural penting dari sel hidup dan sumber energi di banyak organisme. Hal ini disebabkan kebutuhan manusia seperti makanan, membuat makanan lebih enak dan menyediakan energi makanan mempergunakan garam.

Bahkan setelah sereal dan minyak nabati, gula yang berasal dari tebu dan bit menghasilkan rata-rata lebih banyak kilokalori per kapita per hari daripada kelompok makanan lain.

Akan tetapi, konsumsi gula yang berlebihan juga berbahaya bagi kesehatan, salah satunya yaitu meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Olehnya itu penting setiap orang untuk bisa mengontrol konsumsi gulanya setiap hari.

Melansir  hellosehat.com, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi konsumsi makanan manis agar asupan gula per hari terkontrol:

Baca Juga: Bahaya Gas Air Mata, dari Sesak Nafas Hingga Iritasi

1.Konsumsi makanan dalam bentuk asli

Hal yang perlu diperhatikan untuk mengontrol asupan gula yakni dengan cara mengonsumsi makanan dalam bentuk aslinya, bukan olahan. Gula alami terkandung dalam makanan, terutama buah-buahan segar.

Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi buah-buahan segar, Anda seharusnya tidak memerlukan gula dalam bentuk olahan lagi. Selain itu, Anda juga perlu mengimbangi asupan gula dari zat gizi protein serta lemak.

2. Periksa label gizi pada makanan kemasan

Bila Anda mengonsumsi makanan kemasan, jangan lupa untuk membaca informasi nilai gizi pada bagian belakang kemasan untuk mencari tahu berapa kandungan karbohidrat dan gulanya.

Kandungan gula bisa dilihat pada kemasan dengan memperhatikan kata-kata yang memiliki akhiran ‘osa’ atau ‘ol’, seperti glukosa, fruktosa, dekstrosa, maltosa, sukrosa, laktosa, manitol, serta sorbitol pada kemasan makanan olahan.

3. Rutin cek gula darah

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol asupan gula per hari yaitu dengan cara rutin melakukan pengecekan gula darah.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Jenis Obat Pusing yang Ampuh

Pasalnya, hal ini membantu Anda mengetahui bagaimana tubuh bereaksi terhadap makanan tertentu sehingga tubuh mampu melakukan penyesuaian dalam mengonsumsi makanan ataupun obat-obatan nantinya.

4. Terapkan gaya hidup sehat

Selain tiga cara yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa melakukan perubahan gaya hidup dengan menerapkan gaya hidup sehat. Mulai dari rutin berolahaga, mengontrol porsi makan, istirahat yang cukup, hingga mengendalikan stres.

Hindari pula mengonsumsi minuman ringan, jus buah dengan tambahan gula, permen, kue, buah kaleng, dan buah kering. Gunakan pemanis alami seperti kayu manis, ekstrak almon, vanili, jahe, madu dan lemon saat membuat menu makanan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol konsumsi gula setiap hari. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga