4 Cara Mudah Kurangi Limbah Makanan, Patut Dicoba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 26 November 2022
0 dilihat
4 Cara Mudah Kurangi Limbah Makanan, Patut Dicoba
Sampah makanan adalah makanan yang terbuang dan tidak termakan serta tidak dapat diolah proses limbah. Foto: Repro Alinea ID

" Sampah makanan sering dianggap sepele oleh banyak orang, karena sampah tersebut dianggap dapat membusuk dan kemudian terurai "

KENDARI, TELISIK.ID - Sampah makanan sering dianggap sepele oleh banyak orang, karena sampah tersebut dianggap dapat membusuk dan kemudian terurai.

Pada dasarnya, dikutip dari unnes.ac.id, sampah makanan adalah makanan yang terbuang dan tidak termakan serta tidak dapat diolah proses limbah karena telah mengandung zat-zat tak baik untuk lingkungan.

Sampah terjadi pada setiap mata rantai dari produksi sampai konsumsi. Dampak buruk dari limbah makanan bisa dirasakan mulai dari polusi udara, sarang penyakit bahkan menjadi penghasil gas metan yang lebih berbahaya dari karbon dioksida.

Akibatnya adalah semakin meningkatnya pemanasan global. Olehnya itu, penting untuk mengetahui solusi untuk mengurangi limbah makanan.

Baca Juga: 4 Ciri-Ciri Investasi Bodong yang Marak Terjadi

Melansir yoursay.id, berikut beberapa solusi yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi limbah makanan:

1. Mengurangi sumber limbah

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi sampah makanan adalah dengan menyimpan makanan dengan baik.

Kemudian mengolah makanan sesuai dengan kebutuhan serta menghabiskan makanan yang telah diolah. Jika mengolah makanan melebihi kebutuhan, hanya akan menambah jumlah limbah tersebut.

2. Memberikan kelebihan makanan pada orang lain

Saat kamu memiliki makanan berlebih di rumahmu, alih-alih membuangnya sebaiknya kamu memberikan makanan tersebut kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Selain mengurangi sampah, hal baik tersebut akan menjadi nilai lebih bagi dirimu sendiri dalam memberi manfaat bagi orang lain.

3. Memberikan makanan sisa pada hewan

Nah, cara ini sangat tepat untuk dilakukan jika kamu adalah peternak. Beberapa hewan bisa memakan sampah makanan lho! Seperti ayam, bebek dan lain sebagainya.

Memberikan makanan sisa pada hewan, selain bermanfaat untuk mengurangi limbah, cara ini juga bisa mengurangi pengeluaranmu untuk membeli makanan bagi hewan ternakmu.

Baca Juga: 7 Tips Jitu Hilangkan Lemak di Wajah dalam Seminggu

4. Menjadikan kompos

Terakhir, kamu bisa mencoba untuk mengolah sampah makananmu menjadi kompos. Bila kamu suka menanam, maka hal ini akan sangat bermanfaat untuk membuat tanamanmu semakin subur.

Mengkompos sisa makanan tidak sulit kok, kamu bisa melakukannya secara otodidak atau dengan melihat YouTube. Dan dijamin bahwa komposanmu tidak akan gagal.

Nah Telisikers, itulah beberapa cara untuk mengurangi limbah makanan, cobalah untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: KardinĀ 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga