4 Efek Samping Daun Kemangi bagi Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Selasa, 23 Februari 2021
0 dilihat
4 Efek Samping Daun Kemangi bagi Tubuh yang Perlu Anda Ketahui
Daun kemangai mempunyai efek samping bagi tubuh. Foto: Repro Hi Gadis

" Kemangi juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat yang bersifat acetaminofen karena kemangi bersifat anti peradangan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Daun kemangi memang memiliki banyak manfaat, salah satunya sering kali digunakan sebagai bumbu dapur, obat-obatan dan manfaat lainnya.

Namun perlu diketahui, ternyata daun kemangi memilik efek samping bagi tubuh yang mungkin belum banyak orang sadari. Dikutip dari Fimela.com, Selasa (23/2/2021), berikut efek samping bagi tubuh:

1. Efek samping eugenol

Eugenol adalah kandungan utama yang terdapat dalam kemangi. Eugenol ini dapat menyebabkan nafas pendek, darah di air seni, tenggorokan dan lidah yang terasa terbakar, jantung berdebar, dan mual. Eugenol ini sama dengan yang ada di dalam cengkeh.

2. Penipisan sel darah

Sangat tidak dianjurkan mengonsumsi kemangi bersamaan dengan obat anti penggumpalan darah. Pendarahan bisa terjadi apabila keduanya dikonsumsi bersamaan.

Baca juga: Anda Penderita Kolesterol? Hindari 5 Makanan Ini

3. Menurunkan kesuburan

Wanita yang hamil, merencanakan hamil, dan juga menyusui tidak dibolehkan mengonsumsi kemangi karena kemangi dapat menimbulkan penurunan kesuburan.

Meskipun tes ini ditemukan dari pemberian kemangi terhadap hewan, tapi ada baiknya untuk berjaga-jaga.

4. Hipoglisemia

Livestrong.com menjelaskan, kemangi sebenarnya dapat menurunkan gula darah. Tapi ini tidak cocok untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes. Menggigil, pusing, hingga pingsan dapat terjadi saat keduanya bertemu.

Kemangi juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat yang bersifat acetaminofen karena kemangi bersifat anti peradangan.

Kunjungi dokter untuk informasi lebih lanjut dan info di atas dapat Ladies jadikan sebagai langkah antisipasi. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga