4 Ikan dengan Penampilan Terunik di Dunia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 24 November 2022
0 dilihat
4 Ikan dengan Penampilan Terunik di Dunia
Handfish secara harfiah berarti ikan bertangan, dan memang begitulah penampilan ikan ini. Foto: Repro Idntimes.com

" Sirip ikan handfish digunakan bukan untuk berenang, melainkan untuk berjalan di dasar laut. Bentuknya seperti tangan manusia, lengkap dengan 5 jari "

KENDARI, TELISIK.ID - Ikan merupakan salah satu jenis hewan laut dengan jumlah spesies terbanyak di bumi. Ada lebih dari 33 ribu spesies ikan yang telah diketahui.

Dari sekian banyaknya spesies ikan tersebut, beberapa di antaranya memiliki bentuk dan keunikan tersendiri. Berikut ini spesies ikan unik yang dilansir dari Idntimes.com.

1. Ikan Kelelawar Berbibir Merah

Dari namanya, kita sudah bisa menebak jika ikan ini bentuknya seperti kelelawar dan bibirnya berwarna merah. Ikan ini juga lebih senang berjalan di dasar laut dengan menggunakan siripnya yang berfungsi seperti kaki.

Ikan kelelawar berbibir merah adalah endemik Kepulauan Galapagos, juga termasuk ikan karniovora yang memakan krustasea dan moluska. Ia memiliki keunikan lain yaitu kepalanya ada semacam tanduk kecil yang dipakai untuk menarik mangsanya.

Baca Juga: 5 Fakta Unik dan Aneh Dunia di Antaranya Ngirim Bangunan Bank Lewat Kantor Pos

2. Belut Pelikan

Ikan ini memiliki mulut yang sangat besar dan tidak proporsional dengan tubuhnya. Biasanya memakan hewan-hewan kecil seperti udang dan cumi-cumi, tapi saat makanan sulit dicari, mereka bisa memakai mulutnya yang lebar untuk menelan hewan lain yang lebih besar dari badannya sendiri.

3. Handfish

Baca Juga: 4 Fakta Penyu Raksasa yang Hidup Puluhan Juta Tahun Lalu

Sesuai namanya, handfish secara harfiah berarti ikan bertangan, handfish menggunakan siripnya bukan untuk berenang, melainkan untuk berjalan di dasar laut. Dan siripnya tersebut sangat unik karena berbentuk seperti tangan manusia, lengkapn dengan 5 jarinya

4. Blobfish

Blobfish adalah jenis ikan yang memiliki penampilan terunik di seluruh dunia. Ikan ini memiliki wajah yang persis manusia yang sedang sedih, lengkap dengan mata, hidung, dan bibir yang manyun. Karena penampilannya itu, pada 2013 blobfish digelar hewan terjelek di dunia. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga