4 Jenis Makanan dan Minuman Ini Dapat Merusak Ginjal

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 27 Juli 2024
0 dilihat
4 Jenis Makanan dan Minuman Ini Dapat Merusak Ginjal
Gaya hidup modern dan pilihan makanan serta minuman yang tidak sehat dapat membebani ginjal dan merusak fungsi organ ini. Foto: Repro halodoc.com

" Ginjal adalah organ vital yang berperan penting dalam menyaring limbah dan racun dari darah, mengatur keseimbangan cairan tubuh, dan mengeluarkan produk-produk metabolisme melalui urin. Namun, gaya hidup modern dan pilihan makanan serta minuman yang tidak sehat dapat membebani ginjal dan merusak fungsi organ ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Ginjal adalah organ vital yang berperan penting dalam menyaring limbah dan racun dari darah, mengatur keseimbangan cairan tubuh, dan mengeluarkan produk-produk metabolisme melalui urin. Namun, gaya hidup modern dan pilihan makanan serta minuman yang tidak sehat dapat membebani ginjal dan merusak fungsi organ ini.

Dikutip dari p2ptm.kemkes.go.id, terdapat beberapa fungsi ginjal sehingga dikatakan sebagai salah satu organ tubuh yang cukup penting, diantaranya adalah mengeluarkan sisa-sisa produk dari tubuh, menyeimbangkan cairan tubuh, memproduksi sel darah merah.

Selain itu, fungsi ginjal lainnya adalah mengatur tekanan darah, menyaring 120 – 150 liter darah per hari, dan mengaktifkan Vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi.

Lantas, apa saja jenis makanan dan minuman yang dapat merusak ginjal?

Baca Juga: 10 Olahan Makan Siang Bikin Rontok Lemak Perut Membandel

Melansir halodoc.com, nerikut beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat merusak ginjal:

1. Makanan Kalengan

Makanan kaleng seperti sup, sayuran, dan kacang-kacangan cenderung lebih praktis dikonsumsi. Namun, di balik kepraktisannya, makanan kalengan mengandung natrium atau garam yang sangat tinggi. Tambahan garam ini bertujuan untuk mengawetkan dan meningkatkan umur simpan makanan.

Saat kamu mengonsumsi garam terlalu banyak, ginjal perlu bekerja lebih keras untuk membuang natrium. Meningkatnya beban kerja ginjal ini lambat laun bisa merusak fungsinya. Natrium juga mampu menambah protein sehingga berpotensi menyebabkan batu ginjal.

Kalaupun terpaksa mengonsumsi makanan kalengan, kamu bisa mengeringkan dan membilasnya. Cara ini bisa menurunkan kandungan natrium hingga 33-80 persen, tergantung produknya.

2. Daging Olahan

Daging olahan sering dikaitkan dengan penyakit kronis karena kandungan pengawetnya yang tinggi. Daging olahan adalah daging yang telah diasinkan, dikeringkan, diawetkan, atau dikalengkan. Beberapa contohnya yaitu sosis, kornet, ham, nugget, dan daging asap. Tambahan garam dan pengawet berfungsi untuk mempertahankan rasa sekaligus mengawetkan makanan. Kedua bahan tersebut bisa memberatkan kerja ginjal sehingga merusak fungsinya.

Baca Juga: Sudah Pakai Skincare tapi Tak Ada Perubahan, Ini Penyebabnya

3. Makanan Kemasan dan Makanan Instan

Makanan kemasan dan makanan instan adalah jenis makanan yang melalui banyak pemrosesan, misalnya seperti mi instan, kentang beku, bubur instan, spaghetti instan, dan sereal. Makanan-makanan tersebut cenderung tinggi garam maupun gula yang bisa merusak ginjal. Selain itu, makanan ini minim gizi sehingga tidak memberikan manfaat kesehatan.

4. Minum Alkohol Berlebihan

Alkohol dikenal bisa merusak ginjal, apalagi jika dikonsumsi terlalu sering dan terlalu banyak. Peminum berat sekaligus perokok berpotensi lebih tinggi terkena masalah ginjal. Peluangnya sekitar lima kali lipat terkena penyakit ginjal kronis dibandingkan orang yang tidak merokok atau minum alkohol secara berlebihan.

Nah, itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat merusak ginjal. Menjaga kesehatan ginjal sangat penting untuk memastikan tubuh berfungsi optimal. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga