4 Jenis Makanan Ini Patut Dihindari Selama Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 02 April 2023
0 dilihat
4 Jenis Makanan Ini Patut Dihindari Selama Puasa
Penting untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang harus dihindari agar ibadah puasa bisa maksimal. Foto: Repro google.com

" Untuk bisa menjalani ibadah puasa ramadan secara maksimal harus bisa menjaga kesehatan, salah satunya dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk bisa menjalani ibadah puasa ramadan secara maksimal harus bisa menjaga kesehatan, salah satunya dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Dikutip dari halodoc.com, penting untuk memilih makanan yang sehat dan bergizi demi kelancaran puasa.

Mengonsumsi makanan secara sembarangan yang minim serat dan nutrisi justru bisa mengundang beragam masalah kesehatan yang bisa mengganggu ibadah puasa.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang harus dihindari saat puasa.

Baca Juga: Alternatif Puaskan Suami Saat Istri Datang Bulan

Melansir yoursay.id dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan yang patut dihindari selama puasa

1. Makanan tinggi gula

Berbuka puasa dengan yang manis memang dianjurkan, tetapi tidak dengan cara yang berlebihan. Sebab, mengonsumsi makanan yang terlalu manis dapat membuat kadar gula darah melonjak dengan cepat.

Kondisi tersebut dapat membuat tubuh menjadi cepat lelah, meningkatkan risiko kegemukan, menimbulkan hiperglikemia, dan meningkatkan risiko diabetes. Seiring waktu, juga dapat memicu gagal jantung, serangan jantung, hingga stroke.

2. Makanan tinggi lemak

Gorengan merupakan salah satu jenis makanan tinggi lemak yang paling sering dijadikan menu andalan saat buka puasa. Namun, ada baiknya untuk membatasi konsumsi makanan ini, terutama yang digoreng dengan minyak yang sudah dipakai berulang kali.

Gorengan termasuk makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans yang bisa meningkatkan risiko obesitas dan kolesterol. Selain itu, gorengan juga termasuk makanan yang sulit dicerna dan dapat meningkatkan produksi asam lambung.

3. Makanan tinggi garam

Makanan tinggi garam tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama puasa lantaran dapat memperparah dehidrasi. Saat dehidrasi, konsentrasi natrium di dalam tubuh sudah meningkat. Apabila konsentrasinya terus bertambah, ginjal akan dipaksa untuk mengeluarkan lebih banyak air untuk menghilangkan kelebihan garam tersebut.

Selain itu, makanan asin yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat membuat perut kembung karena garam menyerap air ke dalam pencernaan serta dapat mengubah komposisi bakteri baik dalam usus yang berdampak pada melambatnya pencernaan protein.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Nafas Tetap Segar Selama Puasa

4. Makanan pedas dan asam

Usai seharian puasa, ada baiknya untuk tidak langsung mengonsumsi makanan yang memiliki cita rasa pedas maupun asam, khususnya bagi yang memiliki masalah asam lambung.

Mengonsumsi makanan jenis ini saat perut sedang dalam kondisi kosong dapat mengakibatkan kambuhnya sakit maag dan refluks asam lambung.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi untuk mencegah kesehatan terganggu selama puasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga