4 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Cegah Kamu Terserang Stroke

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 08 Maret 2023
0 dilihat
4 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Cegah Kamu Terserang Stroke
Penyakit stroke ini bisa dihindari dengan melakukan kebiasaan sederhana yang berdampak baik. Foto: shutterstock

" Salah satu penyakit yang sebagian orang alami adalah stroke. Penyakit satu ini bisa dihindari dengan melakukan kebiasaan sederhana yang berdampak baik "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang sebagian orang alami adalah stroke. Penyakit satu ini bisa dihindari dengan melakukan kebiasaan sederhana yang berdampak baik.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, stroke merupakan kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak mengalami gangguan atau berkurang akibat penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).

Tanpa pasokan darah, otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel pada sebagian area otak akan mati. Kondisi ini menyebabkan bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang rusak tidak dapat berfungsi dengan baik.

Penyakit stroke ini bisa dihindari dengan melakukan kebiasaan sederhana yang berdampak baik.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Buat Rencana Karir di Usia Muda

Melansir yoursay.id dari alodokter.com, berikut ini adalah kebiasaan sederhana yang bantu mencegah penyakit stroke:

1. Mengelola stres

Seseorang yang mengalami stres dalam waktu jangka lama bisa memicu terjadinya stroke. Ketika kamu merasakan stres akibat dari berbagai masalah, cobalah untuk mengelolanya dengan baik. Kamu bisa mulai menceritakan permasalahan kamu dengan berbagi cerita kepada orang terdekat.

Jangan sampai stres membuatmu merasa tertekan. Cobalah untuk menarik napas kemudian keluarkan sampai merasa tenang.

2. Konsumsi makanan sehat

Kamu dapat memulai dengan cara menjaga pola makan agar tetap sehat. Rutin konsumsi makanan yang bergizi seperti hidangan daging tanpa lemak, perbanyak konsumsi sayuran serta buah dan biji-bijian.

Selain rutin mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, cobalah untuk mengurangi atau membatasi konsumsi makanan cepat saji, makanan berminyak maupun minuman beralkohol.

Sebab, makanan yang seperti itu bisa memicu naikknya tekanan darah serta menambah berat badan yang bisa memperbesar risiko terkenanya penyakit stroke.

3. Berhenti merokok

Bahaya merokok bisa memicu seseorang terkena penyakit stroke. Sebab, orang dengan kebiasaan merokok bisa menyempitkan pembuluh darah arteri yang bisa meningkatkan risiko tersumbatnya darah dan memicu stroke.

Tak hanya sampai di situ saja, bagi kamu yang tidak merokok juga patut berwaspada akan menjadi perokok pasif akibat menghirup asap rokok yang juga bisa memicu penyakit stroke.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Agar Hidup Lebih Hemat

4. Olahraga secara teratur

Olahraga memang memiliki banyak manfaat. Naiknya berat badan disertai dengan jarang olahraga atau gerak, bisa meningkatkan risiko penyakit stroke.

Oleh sebab itu, lakukan olahraga secara teratur. Olahraga tidak hanya membantu menurunkan berat badan tetapi juga membantu menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol.

Nah, itulah beberapa kebiasaan sederhana tapi bisa membantu kita untuk mencegah terjadinya penyakit stroke. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga