Logo Telisik.id

4 Khasiat Kerang Laut bagi Kesehatan Tubuh

550 dibaca 4 Khasiat Kerang Laut bagi Kesehatan Tubuh

Kerang laut memiliki kandungan protein, zink dan zat besi yang baik bagi tubuh. Foto: Sadar/ Telisik

" Kerang termasuk salah satu sumber makanan yang menyehatkan. Makanan laut ini kaya protein, rendah lemak, serta mengandung banyak vitamin dan mineral. Apa sajakah manfaat kerang bagi kesehatan?"

KENDARI, TELISIK.ID - Khasiat kerang laut untuk kesehatan memang tak diragukan. Selain memiliki kandungan protein, kerang laut juga ternyata menyimpan zink dan zat besi yang berfungsi mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh dan penting untuk meningkatkan metabolisme.

Kerang termasuk salah satu sumber makanan yang menyehatkan. Makanan laut ini kaya protein, rendah lemak, serta mengandung banyak vitamin dan mineral. Apa sajakah manfaat kerang bagi kesehatan?

Dilansir dari laman resmi KlikDokter.com, berikut empat manfaat kerang laut bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui:

1. Membantu Sistem Kekebalan Tubuh Bekerja dengan Baik

Satu porsi kerang (setara dengan 100 g) sudah memenuhi kebutuhan harian zink tubuh serta 80 persen kebutuhan vitamin D. Keduanya diperlukan untuk kerja sistem imunitas tubuh yang baik.

Manfaat kerang lainnya adalah kaya akan mineral tembaga. Kekurangan tembaga itu sendiri dapat memengaruhi jumlah sel darah putih. Padahal, sel darah putih merupakan salah satu senjata sistem kekebalan tubuh Anda.

2. Mengatasi Kekurangan Darah atau Anemia

Anemia sering kali ditandai dengan hemoglobin yang rendah. Walaupun banyak penyebab dari anemia, namun salah satu pemicu utamanya adalah faktor nutrisi.

Kecukupan akan zat besi dan vitamin B12, yang ditemukan secara melimpah pada kerang, merupakan faktor nutrisi yang berperan mencegah anemia.

Baca juga: 10 Aneka Buah dan Sayuran yang Dapat Mengatasi Ambeien Secara Alami

3. Kaya Antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang diperlukan tubuh untuk melawan berbagai kerusakan sel akibat radikal bebas. Kerang kaya akan mineral selenium yang merupakan antioksidan kuat.

Kerang juga mengandung zat antioksidan khusus yang menurut beberapa studi dapat melindungi organ hati. Karena itu, manfaat kerang bagi kesehatan pria maupun wanita tak bisa disepelekan.

4. Tinggi Protein

Kerang merupakan makanan tinggi protein. Selain itu, kerang dianggap lengkap karena mengandung sembilan asam amino esensial yang diperlukan tubuh.

Protein sendiri merupakan makronutrien yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh, sehingga wajib ada sumber protein setiap kali makan.

Protein berperan dalam hampir semua proses biologis dalam tubuh. Manfaat utamanya adalah sebagai zat pembangun serta membantu menggantikan jaringan tubuh yang rusak.

Selain itu, didalam kerang laut juga terdapat zink  membantu produksi hormon testosterone, pembentukan sperma pada pria, dan menjaga libido pria serta wanita. Inilah mengapa manfaat kerang sering dikaitkan sebagai makanan penunjang gairah seks. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Fitrah Nugraha

Post Tags:

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video