4 Langkah Pertolongan Pertama pada Orang Pingsan

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 31 Desember 2022
0 dilihat
4 Langkah Pertolongan Pertama pada Orang Pingsan
Apabila anda mengetahui orang di sekitar anda pingsan, anda dapat melakukan beberapa langkah pertama untuk menyelamatkannya. Foto: Repro KlikDokter

" Saat kita menghadapi situasi yang berbahaya seperti dalam kerumunan, bencana alam, dan lainnya yang memungkinkan orang-orang di sekitar pingsan. Maka sudah semestinya kita mengetahui langkah yang tepat untuk menolong orang-orang sekitar "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat kita menghadapi situasi yang berbahaya seperti dalam kerumunan, bencana alam, dan lainnya yang memungkinkan orang-orang di sekitar pingsan. Maka sudah semestinya kita mengetahui langkah yang tepat untuk menolong orang-orang sekitar.

Dikutip dari okezone.com dan suara.com, berikut beberapa langkah pertolongan pertama pada orang pingsan:

1. Amankan

Langkah pertama yang harus dilakukan saat kita melihat orang di sekitar pingsan adalah posisikan orang tersebut dengan keadaan terlentang. Angkat sedikit kakinya agar aliran darah mengalir ke otak, dan cobalah longgarkan pakaiannya.

Baca Juga: Tiga Posisi Seks yang Dilarang Dalam Islam

2. Buat Sadar

Anda bisa menyadarkan orang pingsan dengan mengguncangnya agak keras, atau menepuk-nepuk badannya dengan cepat, maupun memanggilnya. Jika orang tersebut tidak merespons, segera hubungi nomor darurat, ambulans atau rumah sakit. Lalu langsung mulai tindakan CPR jika perlu.

Jika mereka tidak merespons tetapi bernapas dengan normal, maka Anda perlu mengubah posisinya dengan cara membalikkan badannya dan membantu menjaga jalan napas tetap terbuka.

3. Hubungi Penyedia Layanan Medis

Segera hubungi rumah sakit atau penyedia layanan medis lainnya jika orang yang pingsan tersebut terbentur kepalanya, pingsan lebih dari sekali dalam sebulan, ibu hamil, punya penyakit jantung atau penyakit serius lainnya, dan mengalami gejala yang tidak biasa, contohnya nyeri dada, sesak napas, kebingungan, penglihatan kabur, atau sulit berbicara.

Baca Juga: 5 Pilihan Sekolah Kedinasan Tanpa Tes Fisik, Bisa Dicoba

4. Pertolongan Pertama bila Serangan Jantung

Apabila anda sudah menelepon medis dan sedang menunggu ambulan datang, anda bisa Letakkan telepon di speakerpohone dan mulai menekan dada. Layanan medis mungkin bisa memberi tahu Anda pertolongan pertama yang bisa dilakukan.

Jika Anda tahu defibrillator atau stimulator detak jantung terdekat, jangan berhenti melakukan CPR, tetapi cobalah dan minta orang lain untuk mengambilkannya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga