4 Makanan Alami Ini Penghancur Batu Ginjal

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 19 Agustus 2023
0 dilihat
4 Makanan Alami Ini Penghancur Batu Ginjal
Cukup andalkan makanan tinggi kalsium seperti brokoli untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda tanpa melibatkan suplemen. Foto: Liputan6.com

" Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting dalam menghilangkan kotoran dan racun di dalam tubuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting dalam menghilangkan kotoran dan racun di dalam tubuh.

Ginjal juga berguna untuk mengendalikan tekanan darah, mengatur penyerapan air, dan menyeimbangkan kadar elektrolit di dalam tubuh.

Sehingga perlu menjaga kesehatan ginjal. Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai dari ginjal yaitu batu ginjal. Batu ginjal merupakan penyakit yang disebabkan oleh pengendapan kristal batu di ginjal yang berlangsung kronik sehingga terbentuklah batu.

Berdasarkan jenis komposisi kristalnya, batu ginjal dapat diklasifikasikan menjadi batu kalsium oksalat, kalsium fosfat, batu asam urat, batu struvit, dan batu sistin.

Mengutip Siloamhospital.com, batu ginjal disebabkan oleh tingginya kadar zat kimia pembentuk kristal dalam urine, yaitu asam urat, kalsium fosfat dan kalsium oksalat.

Baca Juga: Tak Asal Banyak Makan, Ini Tips Diet Menambah Berat Badan yang Aman

Zat-zat ini sulit dihancurkan oleh cairan pada urine. Apabila terus menumpuk, zat kimia tersebut dapat membentuk kristal yang menyerupai batu.

Gejala batu ginjal

Ada gejala atau tanda-tanda batu ginjal yang dapat dialami oleh penderitanya. Beberapa gejala batu ginjal adalah sebagai berikut:

- Terasa nyeri di bagian bawah perut.

- Terasa nyeri ketika buang air kecil.

- Sakit perut yang tidak kunjung hilang.

- Terdapat darah di dalam urine. Hal ini ditandai dengan urine yang berubah warna, seperti merah, merah muda, atau coklat.

- Demam atau meriang.

- Urine mengeluarkan bau tidak sedap.

- Urine yang keluar sangat sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Berikut ini adalah beberapa pilihan makanan penghancur batu ginjal dilansir dari Hellosehat.com:

1. Air putih

Saat tubuh kekurangan air, maka konsentrat pada urin dapat mengendap dan membentuk kristal. Itulah pentingnya menjaga kecukupan cairan dengan banyak minum sesuai anjuran.

Terlebih lagi minum cukup cairan merupakan cara utama untuk mencegah batu ginjal cystine. Minumlah setidaknya 2,5 liter air per hari atau 10 gelas untuk mencegah dan melarutkan batu ginjal.

2. Buah sitrus

Buah sitrus atau jeruk-jerukan dapat menjadi makanan untuk batu ginjal yang nikmat. Buah segar ini mengandung asam sitrat yang bermanfaat mencegah dan mengatasi batu ginjal.

Asam sitrat dapat menetralisir asam di urine, melarutkan kristal asam urat, serta mencegah pembentukan batu kalsium. Beberapa jenis buah sitrus antara lain jeruk biasa, lemon, jeruk bali dan jeruk nipis.

Baca Juga: Ini Alasan Ngantuk Setelah Makan Berat

3. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran tinggi kalsium. Salah satu jenis batu ginjal adalah batu kalsium yang dapat terbentuk karena kelebihan asupan kalsium yang biasanya bersumber dari suplemen. Diet rendah kalsium juga dapat meningkatkan risiko batu ginjal, khususnya jika Anda banyak mengonsumsi makanan tinggi oksalat.

Pada jumlah yang cukup, kalsium dapat mengikat oksalat di saluran cerna dan mencegahnya mengendap di ginjal.Oleh karena itu, sebaiknya cukup andalkan makanan tinggi kalsium seperti brokoli untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda tanpa melibatkan suplemen.

4. Produk susu

Susu dan produk turunannya seperti keju yang tinggi kalsium juga bisa menjadi pilihan makanan untuk batu ginjal. Susu dan produk olahannya akan memenuhi kebutuhan kalsium sama seperti brokoli.

Anda juga membutuhkan kalsium untuk memperkuat tulang dan otot di samping mencegah terbentuknya batu ginjal akibat asupan kalsium yang terlalu tinggi dari suplemen. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga