4 Malware Paling Berbahaya di HP, Begini Cara Biar Aman

Merdiyanto , telisik indonesia
Kamis, 04 Juli 2024
0 dilihat
4 Malware Paling Berbahaya di HP, Begini Cara Biar Aman
HP memberikan banyak kemudahan akan tetapi ancaman malware dan virus berbahaya menghantui. Foto: Repro Kaspersky

" Malware merupakan singkatan dari malicious software atau perangkat lunak berbahaya. Program ini mencakup sejumlah perangkat berbahaya yang dirancang mengganggu, merusak atau mencuri data dari perangkat "

KENDARI, TELISIK.ID - Di dunia yang penuh teknologi saat ini, HP menjadi perangkat elektronik yang berguna bagi manusia namun banyak celah untuk siber bisa mendapatkan keuntungan dari kejahatan. Seperti memasang malware dan virus yang mengancam privasi dan keamanan.

Malware merupakan singkatan dari malicious software atau perangkat lunak berbahaya. Program ini mencakup sejumlah perangkat berbahaya yang dirancang mengganggu, merusak atau mencuri data dari perangkat, dilansir Cnbcindonesia.com, Kamis (3/7/2024).

Kejahatan siber dengan malware makin marak seiring dengan perpindahan berbagai transaksi offline ke aplikasi online. Selain itu, makin banyak pengguna HP menyimpan data pribadi serta informasi rahasia yang membuat para hacker tergiur.

Perlu diketahui, sejauh ini ada empat jenis malware yang biasa menyerang perangkat seluler, di antaranya sebagai berikut.

- Adware

Malware jenis ini, pengguna akan diberikan iklan yang banyak dan mengganggu. Dari ini, pembuat akan mendapatkan pemasukan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi HP dengan Chipset Snapdragon 8 Gen 3 Setara ROG Phone 8 Pro

- Spyware

Jenis malware ini akan memonitor aktivitas pengguna secara diam-diam, melacak riwayat penelusuran, data lokasi, dan informasi pribadi seperti mata-mata.

- Ransomware

Malware ini akan mengenkripsi file perangkat. Kemudian meminta pembayaran tebusan untuk membuka kunci enkripsi.

- Trojan

Trojan biasanya menyamar sebagai aplikasi untuk mendapatkan akses ke perangkat. Kemudian, peretas akan mencuri data pengguna atau memasang malware lainnya.

Pengurasan baterai dan terjadi masalah kinerja menjadi salah satu tanda kalau perangkat sudah terserang oleh malware.

Cara menghindar dari serangan Malware

Telisikers bisa menghindari serangan malware dengan sejumlah cara. Seperti menghindari install aplikasi selain dari toko yang resmi dan membiasakan diri membaca izin aplikasi. Berikut cara melindungi perangkat dari malware, dilansir dari Liputan6.com, Kamis (4/7/2024).

1. Unduh Aplikasi dari Sumber Resmi

Gunakan toko aplikasi resmi seperti Google Play Store atau Apple App Store untuk menginstal aplikasi. Dengan cara ini dapat meminimalkan risiko mengunduh aplikasi berbahaya.

2. Baca Izin Aplikasi dengan Hati-Hati

Sebelum menginstal aplikasi biasakan tinjau izin aplikasi dengan cermat. Hindari memberikan izin yang berlebihan, terutama tidak berhubungan dengan fungsi aplikasi.

Baca Juga: Cara Mainkan 75 Game Gratis di YouTube Android, iOS, dan Web dengan Fitur Baru

3. Selalu Update Perangkat Lunak dan Aplikasi Perangkat

Selalu update sistem operasi HP dan aplikasi secara berkala untuk menambal kerentanan keamanan dan melindungi dari ancaman.

4. Hindari Membuka Tautan atau Lampiran yang Mencurigakan

Jangan asal mengeklik tautan atau membuka lampiran di email atau pesan teks. Harus berhati-hati meskipun sumbernya berasal dari sumber tepercaya.

5. Instal Perangkat Lunak Keamanan Seluler Terkemuka

Telisikers harus selalu pertimbangkan memasang aplikasi keamanan seluler terkemuka yang dapat memindai malware, memblokir aktivitas mencurigakan, dan memberikan perlindungan secara riil time. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga