4 Minuman Alami Penambah Energi Tetap Bugar Sepanjang Hari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 19 September 2022
0 dilihat
4 Minuman Alami Penambah Energi Tetap Bugar Sepanjang Hari
Beraktivitas seharian menguras banyak energi, sehingga kita membutuhkan minuman penambah energi. Foto: Repro alodokter.com

" Terhidrasi merupakan kondisi dimana tubuh Anda cukup mendapatkan hidrasi atau cairan "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjalani aktivitas seharian memang menguras energi. Makanya kita perlu asupan agar tetap bisa fit, salah satunya dengan memastikan tubuh terhidrasi dengan baik.

Pada umumnya, dikutip sehataqua.com, terhidrasi merupakan  kondisi dimana tubuh Anda cukup mendapatkan hidrasi atau cairan. Dengan kata lain, terhidrasi adalah kondisi dimana Anda sudah cukup minum, atau sudah memenuhi kebutuhan hidrasi harian.

Dilansir dari Healthline, kurangnya tingkat tubuh terhidrasi adalah faktor utama penyebab terganggunya keseimbangan tingkat energi dan fungsi otak Anda.

Bahkan secara lebih lanjut, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat terhidrasi adalah dapat membantu menangani sejumlah masalah kesehatan.

Untuk menjaga tubuh tetap berenergi sepanjang hari, kamu perlu memastikan tubuhmu terhidrasi dengan baik.

Baca Juga: Catat, Ini 3 Cara Alami Atasi Gigi Sensitif

Melansir alodokter.com, berikut beberapa minuman yang secara alami dinyakini dapat membantu meningkatkan energi:

1. Kopi

Kopi mungkin bisa dikatakan sebagai minuman penambah energi yang banyak disukai orang. Soalnya, kopi mengandung cukup tinggi kafein yang bisa menjadi stimulan alami bagi tubuh.

Berkat kandungan kafeinnya, mengonsumsi kopi bisa membantu meningkatkan energi, meningkatkan mood, dan melawan rasa kantuk yang melanda. Walau begitu, kamu tidak disarankan untuk minum kopi secara berlebihan, yaitu tidak lebih dari 400 mg kafein atau setara 4 cangkir kopi per harinya.

2. Teh hijau

Sama seperti kopi, manfaat teh hijau dalam menambah energi juga didapatkan dari kandungan kafeinnya. Hanya saja, kandungan kafein dalam teh hijau lebih rendah dibandingkan dengan kopi.

Meski kandungan kafeinnya lebih rendah, banyak orang yang menyebutkan bahwa mereka merasa memiliki energi yang lebih stabil dan bisa lebih produktif dalam menjalankan tugas sehari-hari setelah minum teh hijau daripada setelah minum kopi.

3. Air kelapa

Kalau kamu suka air kelapa, kamu bisa jadikan minuman ini sebagai minuman penambah energimu. Alasannya, air kelapa mengandung karbohidrat yang mudah dicerna tubuh.

Selain itu, air kelapa juga mengandung kalium dan sejumlah elektrolit lain yang bisa mengganti elektrolit tubuh yang hilang saat berkeringat.

Baca Juga: 9 Kebiasaan Baik Ini Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mata

4. Susu almond

Supaya tetap berenergi sepanjang hari, kamu juga bisa coba konsumsi susu almond. Ini karena, susu almond mengandung nutrisi yang bisa memaksimalkan proses pengubahan makanan menjadi energi, yaitu magnesium dan vitamin B.

Mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kedua nutrisi tersebut, seperti susu almond, bisa membantumu terhindar dari perasaan cepat lelah atau lemas.

Nah, itulah beberapa pilihan minuman yang bisa kita konsumsi untuk dapat membantu meningkatkan energi secara alami. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga