4 Obat Tradisional Ini Bisa Atasi Perut Sering Mulas

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 07 Desember 2022
0 dilihat
4 Obat Tradisional Ini Bisa Atasi Perut Sering Mulas
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan perut mulas, di antaranya adalah dengan mengonsumsi obat tradisional. Foto: Repro Timesofindia

" Perut yang mulas tanpa disertai BAB dapat disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari perubahan pola makan hingga penyakit pada sistem pencernaan "

KENDARI, TELISIK.ID - Perut terasa mulas seringkali dialami orang dewasa maupun anak-anak. Hal ini harus diatasi sebab bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Dikutip dari hellosehat.com, perut yang mulas tanpa disertai BAB dapat disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari perubahan pola makan hingga penyakit pada sistem pencernaan.

Rasa mulas muncul akibat pergerakan usus dan biasanya baru membaik setelah Anda buang air besar (BAB). Namun, ternyata ada pula beberapa masalah kesehatan yang menjadi penyebab perut mulas tapi tidak disertai BAB.

Perut yang sering terasa mulas akan mengganggu produktivitas, bahkan bisa berakibat pada gangguan kesehatan. Olehnya itu penting untuk mengetahui cara mengatasi penyakit satu ini.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan perut mulas, diantaranya adalah dengan mengonsumsi obat tradisional.

Melansir yoursay.id dari Style Craze, berikut 4 obat tradisional yang dapat meredakan perut mulas:

1. Jahe

Jahe memiliki sifat antasida dan karminatif sehingga dipercaya dapat meredakan penyakit lambung seperti kembung. Kandungan jahe juga mempercepat pengosongan lambung, yang dapat membantu meredakan keasaman dan rasa mulas.

Baca Juga: 3 Hal Penting untuk Merencanakan Kehamilan

Kamu bisa coba obat tradisional yang satu ini dengan cara memarut jahe kemudian tambahkan ke secangkir air mendidih. Rendam hingga sekitar 10 menit lalu minum. Obat rumahan ini bisa kamu konsumsi setiap hari sebelum makan.

2. Lidah buaya

Lidah buaya sangat terkenal manfaatnya pada dunia kecantikan, tapi tahu nggak bahwa jenis tanaman yang satu ini juga dijadikan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi perut mulas loh.

Nah, jus lidah buaya dinilai dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan yang dapat menyebabkan refluks asam. Kamu bisa coba mengonsumsi jus lidah buaya 30 menit sebelum makan. 

3. Biji jintan

Obat tradisional selanjutnya yang bisa digunakan untuk mencegah perut mulas adalah biji jintan. Kandungan pada biji jintan dipercaya dapat mengobati gangguan pencernaan.

Hal itu karena biji jintan memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat menghambat produksi asam lambung yang berlebih. Hal itulah yang pada gilirannya dapat mencegah refluks asam yang merupakan penyebab perut mulas.

Kamu bisa konsumsi satu sendok teh biji jintan dalam segelas air mendidih. Jangan lupa saring terlebih dahulu kemudian minum selagi hangat.

Baca Juga: Kenali 10 Gejala AIDS yang Jangan Disepelekan

Berbeda dengan dua bahan rumahan sebelumnya yang harus dikonsumsi sebelum makan, maka biji jintan ini dapat kamu minum baik sebelum maupun setelah makan.

4. Daun lemon balm

Daun lemon balm memiliki sifat karminatif sehingga dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk meredakan gangguan pencernaan, salah satunya perut mulas.

Kamu bisa siapkan segelas air panas lalu tambahkan 5-6 daun lemon balm. Tutup selama sekitar 5 menit kemudian minum. 

Nah, itulah beberapa jenis obat tradisional yang Telisikers bisa manfaatkan untuk mengatasi perut mulas. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga