4 Pilihan Vitamin Bagi Penderita Asam Lambung

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 28 Desember 2022
0 dilihat
4 Pilihan Vitamin Bagi Penderita Asam Lambung
Penyakit asam lambung bisa diatasi dengan banyak cara, di antaranya adalah dengan mengonsumsi vitamin tertentu. Foto: Repro alodokter.com

" Pengidap gerd perlu mengetahui cara untuk meredam gejala, misalnya dengan perubahan gaya hidup dan mengonsumsi obat-obatan "

KENDARI, TELISIK.ID – Salah satu penyakit yang dialami baik laki-laki maupun perempuan adalah asam lambung. Penyakit satu ini bisa diatasi dengan banyak cara, di antaranya adalah dengan mengonsumsi vitamin tertentu.

Dikutip dari halodoc.com, penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease/gerd adalah kondisi ketika asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. Kondisi ini dapat menimbulkan nyeri pada ulu hati, heartburn, serta berbagai gejala lainnya pada area dada bagian bawah dan perut.

Orang yang mengidap penyakit ini biasanya mengalami refluks asam yang ringan paling tidak dua kali seminggu, serta gangguan yang parah paling tidak sekali dalam seminggu.

Oleh karena itu, pengidap gerd perlu mengetahui cara untuk meredam gejala, misalnya dengan perubahan gaya hidup dan mengonsumsi obat-obatan.

Melansir alodokter.com, berikut beberapa vitamin yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung:

Baca Juga: Awas, Ini 3 Risiko Ibu Hamil Minum Kopi

1. Vitamin E

Vitamin untuk penderita asam lambung adalah vitamin E. Sumber vitamin E yang dapat Anda konsumsi meliputi bayam, minyak zaitun, alpukat, dan berbagai jenis kacang-kacangan.

2. Vitamin A

Vitamin A juga termasuk vitamin yang baik untuk penderita asam lambung. Karena memiliki sifat antiradang, vitamin A mampu mengurangi gejala asam lambung dan menghindari naiknya asam lambung menuju kerongkongan.

Anda dapat mengonsumsi bayam, wortel, ubi, mangga, dan pepaya sebagai sumber vitamin A. Sedangkan untuk konsumsi suplemen berkandungan vitamin A, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter lebih dulu, terutama bila sedang hamil.

3. Vitamin B

Salah satu vitamin untuk penderita asam lambung adalah vitamin B. Vitamin ini bisa Anda peroleh melalui konsumsi suplemen maupun beragam makanan yang mengandung vitamin B, seperti telur, daging, yoghurt, dan bayam.

Baca Juga: Waspada, Ini 9 Penyakit Kelamin Pria Beserta Gejalanya

Konsumsi vitamin B secara rutin baik untuk mengurangi risiko terjadinya esofagitis yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan. Selain itu, vitamin B juga dapat mengurangi risiko terkena kanker kerongkongan dan Barrett's Esophagus, yang merupakan komplikasi dari gerd berkepanjangan.

4. Vitamin C

Vitamin C juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan memperbaiki sel yang mengalami iritasi karena asam lambung. Selain melalui konsumsi suplemen, Anda dapat mengonsumsi berbagai sayur dan buah yang kaya akan vitamin C, misalnya jeruk, tomat, stroberi, bayam, dan kentang.

Nah, itulah beberapa pilihan vitamin yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga