4 Tips Agar Puasa Aman Bagi Penderita Maag

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 22 Maret 2024
0 dilihat
4 Tips Agar Puasa Aman Bagi Penderita Maag
Maag menjadi salah satu penyakit yang seringkali dialami seseorang saat berpuasa. Foto: Repro Freepik/sewupari-studio

" Salah satu hal yang bisa memicu asam lambung naik saat berpuasa adalah makanan yang tidak dikunyah dengan sempurna "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang seringkali dialami saat berpuasa adalah maag. Maka penting mengetahui cara mengatasi penyakit ini agar puasa tetap aman dan nyaman.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, sakit maag atau dispepsia merupakan rasa nyeri dan tidak nyaman yang terjadi pada lambung akibat sejumlah kondisi. Kondisi ini bukan suatu penyakit, melainkan gejala dari penyakit.

Meski penyakit satu ini terbilang mudah untuk disembuhkan, akan tetapi maag juga bisa menjadi parah. Bahkan, maag yang semakin parah mampu mengganggu pengidapnya untuk beraktivitas normal.

Itu sebabnya, segera lakukan perawatan yang diperlukan ketika timbul gejala maag. Sebab kalau dibiarkan, maka akan mengganggu produktivitas sehari-hari, termasuk saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.

Baca Juga: Ini 4 Tips Berpuasa Bagi Penyandang Diabetes

Olehnya itu, penting untuk mengetahui tips mengatasi maag agar ibadah puasa tetap aman, nyaman dan lancar.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut beberapa tips untuk mengatasi maag saat menjalani ibadah puasa:

1. Mengunyah dengan sempurna

Salah satu hal yang bisa memicu asam lambung naik saat berpuasa adalah makanan yang tidak dikunyah dengan sempurna.

Maka dari itu, makan secara perlahan dan kunyah makanan dengan ideal agar kerja organ pencernaan selanjutnya tidak terlalu berat.

Secara alami perubahan kecil ini bisa membantu Anda mengurangi risiko asam lambung naik saat berpuasa, atau hal yang bisa memicu gejala GERD semakin buruk. Sederhana, tapi hal ini bisa sangat berdampak.

2. Porsi makan ideal

Entah karena ingin memiliki cadangan makanan yang cukup hingga waktu berbuka atau aksi ‘balas dendam’ setelah seharian penuh tidak makan dan minum, tidak sedikit orang berbuka puasa dengan porsi terlalu besar.

Maka dari itu, penting untuk makan dalam porsi yang lebih sedikit dan urutan yang tepat. Peningkatan porsi bisa dilakukan, asalkan secara perlahan dan bertahap, tidak langsung ke porsi makanan besar dalam sekali sesi makan.

3. Jenis makanan saat sahur dan berbuka

Jenis makanan yang tidak tepat juga bisa jadi pemicu asam lambung naik ketika Anda menjalankan ibadah puasa. Makanan dengan rasa dominan pedas, asam, berlemak, minuman bersoda, hingga kopi, bisa jadi buruk untuk menu sahur dan berbuka.

Untuk mendapatkan jenis makanan yang tepat, Anda dapat  berkonsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi yang Anda miliki. Beberapa makanan ‘aman’ yang bisa jadi opsi antara lain seperti sayuran dengan rendah kandungan asam, kemudian jahe hangat, dan makanan dengan karakter rasa yang tidak terlalu kuat akan lebih direkomendasikan.

Baca Juga: Beragam Tips Diet saat Puasa

4. Jangan terlalu banyak minum dan langsung tidur setelah makan

Saat makan sahur dan berbuka, minum air secukupnya saja. Perut yang terisi air terlalu banyak akan memicu sensasi kembung, dan justru menyulitkan lambung untuk mencerna makanan yang dikonsumsi.

Sebisa mungkin berikan jeda beberapa waktu setelah makan sahur atau berbuka untuk minum air. Jangan langsung tidur setelah makan sahur, karena kebiasaan ini bisa memicu refluks asam lambung. Refluks ini yang akan membawa asam lambung dan makanan yang baru Anda konsumsi untuk naik sampai ke kerongkongan.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengatasi maag saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga