4 Tips Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Bisa Kamu Coba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 10 Februari 2023
0 dilihat
4 Tips Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Bisa Kamu Coba
Untuk mengatasi tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan cara alami. Foto: shutterstock

" Salah satu masalah kesehatan yang dialami sebagian orang adalah tekanan darah tinggi. Hal ini bisa diatasi dengan cara alami "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah kesehatan yang dialami sebagian orang adalah tekanan darah tinggi. Hal ini bisa diatasi dengan cara alami.

Pada umumnya, dikutip dari kemkes.go.id, hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg.

Sementara tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat/ tenang (InfoDATIN, Kemenkes RI).

Banyak penelitian membuktikan bahwa semakin tinggi tekanan darah seseorang, semakin tinggi pula risiko orang tersebut terkena penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke. 

Baca Juga: 5 Cara Percepat Persalinan yang Perlu Diketahui, Tanpa Bantuan Medis

Untuk mengatasi tekanan darah tinggi banyak cara bisa dilakukan, diantaranya adalah dengan cara alami.

Melansir kompas.com dari berbagai sumber, berikut beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi:

1. Rutin olahraga

Gaya hidup pasif juga bisa meningkatkan tekanan darah. Olahraga, terutama aktivitas aerobik, sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah.

Sebab, jenis olahraga ini memaksa pembuluh darah Anda untuk mengembang dan berkontraksi, yang membuatnya tetap fleksibel. Hal ini juga meningkatkan aliran darah dan mendorong terciptanya pembuluh darah baru.

Melakukan aktivitas aerobik selama 150 menit dalam seminggu dapat menurunkan tekanan darah sebesar 5 hingga 8 mmHg.

2. Tingkatkan kualitas tidur

Kurang tidur memiliki banyak efek menakutkan pada kesehatan Anda.

Tidur enam hingga delapan jam tanpa gangguan setiap malam dapat mencegah tekanan darah tinggi dan fluktuasi tekanan darah.

3. Kurangi konsumsi garam

Bagi Anda yang telah didiagnosis mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi, membatasi asupan garam sangatlah penting.

Penelitian menunjukkan bahwa diet rendah garam memiliki efek yang sama dengan satu setengah hingga dua obat tekanan darah.

Garam juga banyak tersembunyi dalam makanan kemasan. Jadi, perhatikan label saat Anda akan mengonsumsinya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bahan Hijab Anti Kusut

4. Mengonsumsi lebih banyak potasium

Potasium dapat membantu menurunkan tekanan darah karena membantu ginjal membuang kelebihan natrium.

Kadar natrium yang lebih rendah membantu menstabilkan tekanan darah. Jadi, ada baiknya Anda menghindari makanan olahan atau makanan cepat saji karena makanan tersebut tinggi garam namun rendah potasium.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan, seperti pisang, tomat, alpukat, wortel, dan kiwi.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Telisikers lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga