4 Tips Hadapi Banjir, Kamu Harus Tahu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 01 Maret 2023
0 dilihat
4 Tips Hadapi Banjir, Kamu Harus Tahu
Penting untuk mengetahui tips menghadapi banjir yang biasanya datang secara tiba-tiba. Foto: metronews.co

" Salah satu bencana yang dialami masyarakat adalah banjir. Bencana ini seringkali datang tiba-tiba, maka perlu mengetahui tips menghadapi banjir "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu bencana yang dialami masyarakat adalah banjir. Bencana ini seringkali datang tiba-tiba, maka perlu mengetahui tips menghadapi banjir.

Pada umumnya, dikutip dari kompas.com, musim hujan sering kali diisi dengan berita tentang banjir di sejumlah wilayah. Banjir mulai melanda beberapa daerah di Indonesia akibat curah hujan yang meningkat.

Tentunya, saat banjir melanda, banyak kerugian yang ditimbulkan. Mulai dari kerugian materi hingga risiko kesehatan.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui tips menghadapi banjir yang biasanya datang secara tiba-tiba.

Baca Juga: 6 Tips Diet Sehat Bagi Kamu yang Sibuk Bekerja

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips untuk menghadapi banjir yang kerap kali datang secara tiba-tiba:

1. Mengamankan barang elektronik

Tips dalam menghadapi banjir lainnya yang juga perlu kamu ketahui adalah dengan mengamankan barang-barang elektronik yang kamu miliki. Saat banjir tiba, jangan pernah lupa untuk mencabut beberapa barang elektronik tersebut dari stop kontak.

Mengamankan barang-barang elektronik serta saluran listrik yang ada di rumah nyatanya sangat penting dilakukan karena dapat meminimalisir terjadinya konsleting listrik.

2. Menyiapkan obat-obatan

Tips menghadapi banjir yang berikutnya adalah dengan menyiapkan obat-obatan di rumah. Banjir bisa saja menutup segala akses terhadap obat-obatan sehingga tips yang satu ini sangat wajib untuk kamu terapkan nantinya.

Meskipun bukan musim hujan, namun ketersediaan obat-obatan pribadi harus tetap selalu kamu perhatikan, ya. Hal ini dikarenakan banjir bisa saja datang secara tiba-tiba, kapanpun dan dimanapun.

3. Menyiapkan persediaan makanan instan

Tips menghadapi banjir yang pertama ialah dengan menyiapkan persediaan berbagai makanan instan di dalam rumah. Hal ini dilakukan agar saat kamu maupun keluarga sedang mengungsi, maka kamu tidak lagi merasa bingung dalam mencari makanan serta minuman.

Selain itu, menyiapkan persediaan makanan instan juga perlu kamu terapkan untuk menghindari kesulitan dalam mencari makanan. Hal ini dikarenakan saat banjir akses terhadap makanan bisa saja semakin tertutup.

Baca Juga: 8 Tips Pencegahan Anak Cacingan Sedini Mungkin

4. Meletakkan surat berharga di tempat yang tinggi

Surat maupun dokumen berharga adalah salah satu hal yang sangat perlu diamankan saat banjir tiba. Hal ini perlu kamu terapkan agar surat serta dokumen berharga tersebut tidak rusak atau terendam di dalam air.

Nantinya kamu bisa meletakkan surat dan dokumen tersebut di tempat yang tinggi, seperti lemari, loteng rumah, serta di beberapa tempat yang diperkirakan aman dari banjir.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan dalam menghadapi banjir yang kerap datang secara tiba-tiba. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga