adplus-dvertising

4 Tips Jitu Mengatasi Sikap Egois Pasangan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 16 November 2022
0 dilihat
4 Tips Jitu Mengatasi Sikap Egois Pasangan
Salah satu faktor yang seringkali membuat hubungan pasangan suami istri tidak harmonis adalah adanya sikap egois. Foto: Repro Pexels.com

" Membangun hubungan harmonis dengan pasangan menjadi hal penting dilakukan dalam rumah tangga. Namun seringkali kali terjadi ketidakharmonisan karena adanya sifat egois pada salah satu pasangan "

KENDARI, TELISIK.ID - Membangun hubungan harmonis dengan pasangan menjadi hal penting dilakukan dalam rumah tangga. Namun seringkali kali terjadi ketidakharmonisan karena adanya sifat egois pada salah satu pasangan.

Dikutip idntimes.com, egois merupakan sikap buruk yang sangat merugikan bagi orang lain. Pasalnya, karena perilaku egois tersebut sering kali bisa menyakiti atau membuat orang lain menjadi tidak nyaman.

Orang yang egois bisa kamu temui dalam keseharian bahkan juga menjadi pasanganmu. Pasangan yang miliki sifat egois akan membuat hubungan mengalami banyak drama dan perdebatan.

Bukannya langgeng, menjalani hubungan dengan pasangan dengan sifat egois malah bisa membuatmu tertekan.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Bikin Anak Mau Bantu Pekerjaan di Rumah

Olehnya itu penting mengetahui cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sikap egois pasangan, sehingga hubungan pasangan suami istri bisa harmonis.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sikap egois pasangan:

1. Menegur Pasangan

Saat pasangan mulai egois beranikan diri kita untuk menegurnya. Beritahu pasangan bahwa hal itu salah dan menyakiti kita.

Dengan begitu dia akan merenungkan sikap egoisnya bila dia memang tulus mencintai kita sebagai pasangannya. 

2. Berikan Batasan

Jika cara pertama gagal dan pasangan kukuh dengan sikap egoisnya, maka kita pun harus semakin tegas untuk memberikan batasan padanya.

Hal ini bertujuan agar pasangan yang egois tidak sampai bertindak kelewatan serta memberikan rasa aman bagi kita. 

3. Ajak Pasangan Berdiskusi

Cara selanjutnya yaitu mengajak pasangan untuk berdiskusi empat mata mengenai sikap egoisnya akan berakibat buruk pada hubungan jika terus dipertahankan.

Sambil berdiskusi, ajak pasangan untuk mencari solusi bersama-sama bila memang masih ingin menjalin hubungan yang sehat dan positif bersama-sama. 

Baca Juga: 3 Cara Ini Bisa Bantu Bentuk Mental Kuat

4. Akhiri Hubungan

Cara terakhir adalah mengakhiri hubungan tersebut. Keputusan ini memang sulit untuk dilakukan. Itulah kenapa cara ini menjadi langkah terakhir yang harus kita lakukan.

Karena selain memikirkan hubungan, kita harus lebih mengutamakan memikirkan diri sendiri. Memastikan apakah kita bahagia bila hubungan terus dilanjutkan, apakah pasangan bisa berubah atau malah akan semakin egois, dan hal-hal lainnya.

Ingatlah kesehatan tubuh dan mental kita diperlukan untuk berlanjutnya sebuah hubungan sedangkan pasangan yang egois tidak mudah berubah, membutuhkan waktu yang panjang dan keinginan kuat dari diri pasangan. Ambillah cara ini sebelum kita semakin banyak dirugikan dan disakiti olehnya. 

Nah, itulah beberapa upaya yang bisa dilakukan saat pasangan egois. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga