4 Tips Memilih Toples untuk Kue Lebaran Agar Awet

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 11 April 2023
0 dilihat
4 Tips Memilih Toples untuk Kue Lebaran Agar Awet
Ada macam-macam toples kue kering yang bisa kita pilih untuk menyimpan kue. Foto: Repro sisternet.co.id

" Pastikan memilih toples yang aman dan higienis, karena beberapa material menyimpan zat-zat kimia yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu yang dipersiapkan saat hari raya Idul Fitri atau Lebaran adalah kue kering. Namun agar kue tetap awet, harus pintar memilih toples kaca.

Ada macam-macam toples yang bisa kita pilih untuk menyimpan kue sekaligus memperindah meja.

Pastikan memilih toples yang aman dan higienis, karena beberapa material menyimpan zat-zat kimia yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Melansir yoursay.id dan theasianparent.com, berikut beberapa tips memilih toples kaca untuk kue lebaran agar tetap renyah dan tahan lama:

1. Sesuaikan dengan Budget

Jangan membeli toples dengan harga yang terlalu mahal jika memang tidak sesuai dengan budget yang sudah kamu tentukan. Tetapi juga jangan memilih toples yang murah dengan kualitas yang kurang bagus.

2. Utamakan Kualitas

Sebelum membeli sesuatu, jangan lupa untuk melihat kualitasnya. Hal ini juga berlaku sebelum membeli toples. Pastikan toples yang kamu beli memiliki kualitas yang standar atau lebih tinggi.

Baca Juga: Resep Kue Kering Lebaran Tanpa Oven, Hemat Biaya hanya 3 Bahan

Kualitas juga memengaruhi usia pakai toples dan makanan yang disimpan di dalamnya. Pastikan untuk memilih toples yang tebal agar lebih awet dan tahan lama.

3. Pastikan Kerapatan Tutupnya

Toples yang baik untuk menyimpan kue lebaran adalah toples dengan tutup yang rapat. Pasalnya, memilih toples dengan tutup yang kurang rapat juga bisa memengaruhi kualitas makanan yang disimpan di dalamnya.

Saat ini ada banyak sekali toples dengan tutup yang bervariasi, ada yang menggunakan karet, kaca, kayu hingga plastik. Pilih toples yang memiliki tutup rapat dan kedap udara agar makanan yang disimpan di dalamnya tetap renyah dan tahan lama.

4. Pilih Desain Toples yang Bagus

Untuk desain atau model toples, kamu bisa menyesuaikan dengan model yang kamu sukai. Sebaiknya pilih toples dengan desain yang terlihat menarik dan elegan. Hal ini juga akan membuat ruangan tampak lebih estetik dan nyaman dilihat terlebih untuk tamu saat Lebaran.

5. Pilih yang Tersedia Label BPA-Free

Saat menggunakan toples plastik yang berkualitas buruk, zat pada plastik akan melarut jika terkena suhu panas. Zat ini bisa meresap ke makanan dan membahayakan kesehatan.

Baca Juga: Mendekati Lebaran, Stoples Kue Kering Langka di Pasaran

Plastik terbaik untuk wadah makanan adalah PP (polypropylene), yang tidak beracun dan sangat fleksibel. Jadi, pastikan toples berlabel BPA Free, ya.

6. Wadah Kaca dapat Didaur Ulang

Pilih toples kue kering yang dapat didaur ulang. Wadah kaca umumnya bisa tahan hingga bertahun-tahun sehingga Anda tidak perlu terus-menerus membeli toples. Wadah ini juga 100 persen bisa didaur ulang. Baik suhu dingin atau panas, wadah kaca tetap aman digunakan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih toples untuk menyimpan kue lebaran. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga