4 Tips Mudah Agar Tidak Dibenci Tetangga

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 14 November 2022
0 dilihat
4 Tips Mudah Agar Tidak Dibenci Tetangga
Menjaga kerukunan dengan tetangga menjadi hal yang penting agar hidup bisa nyaman dan tentram. Foto: qureta.com

" Salah satu indikator hidup bahagia dan tentram adalah hubungan dengan tetangga terjalin baik. Karena tetangga menjadi orang yang dekat dengan kehidupan hari-hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu indikator hidup bahagia dan tentram adalah hubungan dengan tetangga terjalin baik. Karena tetangga menjadi orang yang dekat dengan kehidupan hari-hari.

Dikutip dari republika.co.id, hidup bertetangga menjadi salah satu ciri khas dalam masyarakat Muslim. Alquran dan sunah menaruh perhatian besar kepada hak-hak tetangga.

Secara eksplisit, Allah SWT bahkan menyuruh kita untuk berbuat baik kepada tetangga baik yang jauh maupun dekat.

Begitu pun sunah Rasulullah SAW yang memperlihatkan bahwa Jibril selalu berwasiat tentang hak tetangga. Sampai-sampai, beliau SAW menyangka jika Allah menjadikan tetangga sebagai ahli waris.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Mengatasi Bayi Menangis yang Perlu Diketahui Orang Tua

Lantas bagaimana cara agar hubungan dengan tetangga tetap terjalin dengan baik?

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan agar tidak dibenci oleh tetangga:

1. Bersikap Baik

Tips pertama yang sudah menjadi kewajiban dan tidak boleh kita lupakan adalah selalu berbuat baik kepada tetangga.

Jika kita berbuat baaik kepada tetangga dengan niat yang tulus maka besar kemungkinan tetangga kita juga akan menerima dan memandang kita dengan baik.

Jangan khawatir, kebaikan yang kita beri kepada tetangga pasti akan berbalik kepada kita. Tetangga kita juga akan memperlakukan kita dengan baik.

2. Jangan Berbuat Aneh-aneh

Setiap lingkungan pasti memiliki nilai dan norma yang dipegang teguh. Selama tinggal dan berada di lingkungan tersebut, maka hendaknya patuhi norma yang ada dan bertingkah sewajarnya saja.

Jangan melakukan hal-hal yang aneh-aneh karena bisa membuat tetangga menjadi tidak nyaman. Misalnya berbuat jahil pada tetangga, suka membuat keributan, dan lain sebagainya. Tindakan yang mengganggu akan membuat tetangga jadi membenci kita.

3. Ketahui Batasan

Nilai dan norma yang dipegang di lingkungan tempat kita tinggal harus menjadi batasan kita dalam bertindak. Kita harus mengetahui dan menyadari batasan tersebut.

Jangan melawan batasan yang akan membuat tetangga tidak menyukainya. Hal itu akan memberi kesan yang tidak baik hingga membuat kita dibenci tetangga.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Tips Memilih Warna Cat Rumah

4. Jangan Mengganggu Kenyamanan

Di rumah, pasti setiap orang menginginkan kenyamanan. Tingkah yang kita lakukan di rumah maupun di sekitar rumah akan berpengaruh pada kenyamanan tetangga. Misalnya jika kita berisik, maka tetangga akan terganggu. Hal tersebut bisa membuat tetangga membenci kita.

Nah, itulah beberapa tips untuk bisa menjaga hubungan baik dengan tetangga. Semoga bermanfaat. (B)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga