4 Tips Semangat Bekerja Tetap Terjaga Sepanjang Hari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 08 September 2022
0 dilihat
4 Tips Semangat Bekerja Tetap Terjaga Sepanjang Hari
Semangat harus dijaga agar pekerjaan bisa maksimal. Foto: Repro shutter stock

" Semangat kerja adalah keinginan dan kesungguhan seseorang mengerjakan pekerjaanya dengan baik serta berdisiplin untuk mencapai prestasi kerja yang maksimal "

KENDARI, TELISIK.ID - Semangat saat bekerja tidak selalu ada dalam diri seseorang. Terkadang kita begitu semangat, namun seringkali semangat itu hilang, membuat kita lesu dalam bekerja.

Dikutip dari perpustakaan.pancabudi.ac.id, semangat kerja adalah keinginan dan kesungguhan seseorang mengerjakan pekerjaanya dengan baik serta berdisiplin untuk mencapai prestasi kerja yang maksimal.

Semangat kerja ini akan merangsang seseorang untuk berkarya dan berkreativitas dalam pekerjaannya. Hal ini sebagaimana yang disampaikan Hasibuan (2013).

Olehnya itu, menjaga semangat bekerja harus dilakukan agar seharian bisa tetap produktif.

Melansir halodoc.com, berikut beberapa tips agar hari-hari selalu semangat:

1. Luangkan Waktu untuk Melakukan Hal yang Disuka

Buat kamu yang terjebak dalam pekerjaan yang sebetulnya bukan sepenuhnya minat kamu, maka kamu bisa melakukan cara ini. Mereka yang kerap mengeluhkan bahwa dirinya tidak pernah memiliki waktu bisa mencoba metode ini.

Luangkanlah waktu 15 menit sehari untuk melakukan sesuatu yang kamu suka, seperti misal berkebun, melukis, atau apa saja.

Baca Juga: 6 Obat Alami Mengatasi Kutu Rambut

Setelah melakukannya dengan rutin, setidaknya selama satu bulan, maka kamu bisa takjub dengan hasilnya. Kamu pasti jadi lebih antusias untuk memulai hari, karena kamu memulainya dengan sesuatu yang kamu sukai. Kamu bisa memetik manfaat atau keuntungan dari sana.

2. Tidur yang Cukup

"Sleep is for the loser", itu adalah ungkapan yang mungkin sering kamu dengar. Sangat disayangkan, anggapan seperti ini sudah dianggap sebagai hal yang biasa, padahal untuk tetap sehat, kamu wajib mendapatkan tidur yang cukup.

Faktanya, kurang tidur kronis tidak hanya menghabiskan energi dan membuat kamu tidak lagi antusias, tetapi juga berkontribusi pada masalah kesehatan yang serius.

Ada banyak hal yang terpengaruh ketika kurang tidur, mulai dari menurunnya kemampuan belajar, daya ingat, metabolisme dan berat badan, kesehatan kardiovaskular, suasana hati, dan fungsi kekebalan tubuh.

Mungkin bagi sebagian orang mendapatkan tidur yang cukup bisa sangat sulit, tetapi menjadikannya prioritas memberikan efek yang baik untuk meningkatkan suasana setiap hari. 

3. Makan Makanan yang Sehat

Makanan cepat saji tidak hanya membahayakan bagi jantung, tulang, dan pencernaan tetapi juga menjadi malapetaka bagi otak dalam menggunakan energi.

Ketika tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, maka dapat memengaruhi zat kimia otak, yang kemudian juga memengaruhi suasana hati, memori, dan fungsi kognitif.

Baca Juga: 7 Tips Bentuk Mental di Tengah Beban Hidup yang Berat

Beralih ke pola makan nabati yang rendah glikemik sebenarnya bisa mengubah fungsi otak, yang kemudian bisa membantu meningkatkan suasana hati, membantu mengatasi stres, dan membuat kamu lebih bersemangat setiap hari. 

4. Cobalah untuk Lebih Aktif!

Faktanya tubuh kamu tidak dirancang untuk hanya duduk delapan jam sehari. Tubuh kita dibuat untuk bergerak, untuk beraktivitas, dan lain-lain. 

Olahraga tidak hanya penting untuk mencegah obesitas dan menjaga otot, hati, dan tulang kita tetap sehat, tetapi juga mampu meningkatkan suasana hati. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga