adplus-dvertising

4 Tips Tak Mudah Menangis di Tempat Umum

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 23 September 2022
264 dilihat
4 Tips Tak Mudah Menangis di Tempat Umum
Banyak cara yang bisa dilakukan agar tidak menangis di tepat umum. Foto: Repro Unsplash

" Apabila air mata sudah membendung pada bagian pelupuk, cobalah untuk mengedipkan mata Anda beberapa kali dengan cepat "

KENDARI, TELISIK.ID - Menangis memang hal yang wajar dialami seseorang baik saat bersedih maupun senang. Namun jika hal itu dilakukan di tempat umum, biasanya kita akan merasa malu.

Menangis bukan hal yang aneh untuk dilakukan, dan baik pria maupun wanita dapat menangis lebih sering dari yang diperkirakan orang.

Hanya saja kita akan merasa malu jika menangis di tempat umum yang ramai masyarakat.


Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, menangis merupakan respons alami manusia untuk meluapkan emosi, termasuk kesedihan, kehilangan, rasa frustasi hingga kegembiraan.

Melansir hellosehat.com, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tidak mudah menangis di tempat umum:

1. Mengatur napas

Hal pertama yang bisa dilakukan ialah mengatur napas. Menarik dan membuang napas secara perlahan bisa membuat Anda lebih rileks dan bisa meredam emosi yang membuncah.

Baca Juga: Awas Boros, Ini 5 Cara Efektif Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cobalah memejamkan mata, lalu tarik napas dalam lewat hidung. Kemudian, hembuskan napas sepelan mungkin lewat mulut. Ulangi terus dengan makin lama makin lembut dan panjang.

Fokuskan pikiran pada setiap tarikan napas, misal sambil menghitung tiap tarikan dan embusan napas. Ini bisa membantu mengalihkan pikiran dari hal yang memicu tangisan.

2. Mengedipkan mata

Apabila air mata sudah membendung pada bagian pelupuk, cobalah untuk mengedipkan mata Anda beberapa kali dengan cepat.

Hal ini memang tidak menghilangkan air mata sepenuhnya. Namun, mengedipkan mata secara cepat membantu agar air mata menyebar lebih cepat.

Alhasil, cara ini bisa membantu Anda menahan tangis dan membuat air mata tak terlalu kentara.

3. Segera pergi dari tempat tersebut

Saat menangis di tempat umum, Anda mungkin segera menyadari bahwa orang lain sedang memperhatikan Anda. Ini tentu bisa membuat Anda malu karena jadi pusat perhatian.

Sebaiknya, segera pergi menjauh dari tempat tersebut. Mundurlah selangkah, lalu berbalik ke arah berlawanan untuk menghindari keramaian orang.

Baca Juga: Catat, Ini 10 Tips Belanja Online agar Tak Tertipu

Carilah tempat senyap yang dapat membantu Anda mengurangi keinginan untuk menangis, seperti di bilik toilet atau sudut ruangan yang sepi.

4. Mengalihkan pikiran dengan hal yang konyol

Mengalihkan pikiran dari sesuatu yang membuat Anda menangis akan menangkal emosi yang membuncah untuk sementara waktu. Apalagi bila Anda membayangkan hal yang lucu atau disukai.

Bayangkan atau ingat-ingat hal konyol yang pernah membuat Anda tertawa sambil menangis atau bahkan tertawa terpingkal-pingkal, misalnya saat melihat teman jatuh dan menahan malu karena tersandung.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa lakukan untuk manahan tangis di tempat umum. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga