4 TPS di Kota Baubau Bakal PSU

Elfinasari, telisik indonesia
Rabu, 21 Februari 2024
0 dilihat
4 TPS di Kota Baubau Bakal PSU
4 TPS di Kota Baubau bakal lakukan PSU tanggal 22 Februari 2024. Foto: Ist.

" Sebanyak empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Baubau akan melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada tanggal 22 Februari 2024 "

BAUBAU, TELISIK.ID - Sebanyak empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Baubau akan melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada tanggal 22 Februari 2024.

Pj Wali Kota Baubau, Muh. Rasman Manafi, menegaskan perlunya pengamanan yang lebih ketat dalam pelaksanaan PSU ini.

KPU Baubau melaporkan, kesiapan logistik dan administrasi sudah mencapai 100 persen. Mereka juga akan menyelenggarakan penyegaran pemahaman bagi petugas TPS. Bawaslu telah melakukan patroli pengawasan di TPS 003 Kelurahan Tarafu yang diduga rawan politik uang, dan telah berkoordinasi dengan Polres, Pol PP, dan Dinas Perhubungan untuk memastikan kelancaran proses PSU.

“Pemungutan suara ulang akan dilaksanakan serentak pada 22 Februari 2024 di empat TPS yang berada di Kelurahan Tarafu, Kadolokatapi, Kadolomoko dan Katobengke,” tuturnya.

Ia menambahkan, Polres Baubau dan Kodim telah siap dikerahkan untuk pengamanan. Dinas Kesehatan akan menyiagakan tim medis di lokasi, sementara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan berkoordinasi dengan sekolah-sekolah di sekitar TPS.

Baca Juga: Empat TPS di Baubau Berpotensi PSU, Bawaslu Ungkap Alasannya

Semua pihak diminta waspada dan sigap mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang timbul. Dengan persiapan matang, diharapkan PSU dapat berjalan dengan damai dan sukses.

Koordinator Divisi Bidang Pelanggaran Pemilu Bawaslu Kota Baubau, M Syahran S, menyatakan bahwa telah terdapat potensi PSU di empat TPS.

Jumlah rekomendasi potensi PSU sebelumnya adalah tiga, namun bertambah satu setelah menerima laporan terbaru dari Kecamatan Wolio.

“Penyebabnya itu salah satunya yaitu karena menggunakan hak pilih orang lain, namun hal ini masih dalam proses,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, meskipun saat ini tengah berlangsung rapat pleno terbuka tingkat kecamatan, namun PSU masih bisa saja terjadi.

Baca Juga: Tolak PSU, Warga Konawe Selatan Minta Pleno Perhitungan Suara Ulang

“Batas waktu penemuan PSU adalah 10 hari sejak tanggal 14 Februari 2024,” tuturnya.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wolio, Muhammad Yunus Fahimuddin, membenarkan Kecamatan Wolio akan mengadakan PSU di tanggal 22 Februari 2024.

“Iya besok akan diadakan PSU di Kelurahan Kadolokatap,” tuturnya singkat. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga