449 Petugas PTPS Baubau Dilantik, Tekankan Integritas

Elfinasari, telisik indonesia
Senin, 22 Januari 2024
0 dilihat
449 Petugas PTPS Baubau Dilantik, Tekankan Integritas
Pelantikan PTPS yang berlangsung di Gedung Serba Guna Kelurahan Bugi, Kecamatan Sorawolio Kota Baubau. Foto: Elfinasari/Telisik

" Sebanyak 449 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara dilantik, Senin (22/1/2024) "

BAUBAU, TELISIK.ID - Sebanyak 449 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara dilantik, Senin (22/1/2024).

Para petugas PTPS ini berasal dari seluruh kecamatan di Kota Baubau, yang terdiri dari delapan kecamatan.

Kedelapan kecamatan tersebut yakni Kecamatan Betoambari, Murhum,  Lea-Lea, Sorawolio, Wolio, Batupoaro, dan Kecamatan Bungi serta Kecamatan Kokalukuna.

Baca Juga: Pohon Tumbang di Baubau Sebabkan Listrik Padam hingga ke Wilayah Buton

Sekretaris Bawaslu Kota Baubau, Ikhwaluddin Raziki mengatakan, pelantikan petugas PTPS ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia, termasuk Kota Baubau.

“Jadi pengawas TPS yang dilantik mengikut jumlah TPS yang ada di Kota Baubau yaitu sebanyak 449 TPS. Kemudian 449 TPS ini terbagi dua yaitu 446 TPS umum dan 3 TPS khusus yaitu dua TPS lembaga kemasyarakatan dan satu TPS di lingkungan pesantren," katanya saat ditemui Telisik.id.

Sebelumnya, ia mengatakan, rekrutmen PTPS ini dimulai pada 2 - 6 Januari dan tahap wawancara dari 7 - 9 Januari dan kemudian menunggu tanggapan masyarakat pasca hasil wawancara PTPS terpilih sebelum dinyatakan lulus dan dilantik oleh Panwascam setempat.

Ia juga menjelaskan, PTPS merupakan ujung tombak Bawaslu dalam pelaksanaan pengawasan Pemilu 2024 dan berharap agar nantinya pelaksanaan pemilu serentak dapat berjalan jujur, adil aman dan berintegritas sehingga menghasilkan pemimpin harapan masyarakat.

Anggota PTPS yang telah dilantik hari ini akan mulai melaksanakan tugasnya terhitung sejak hari pelantikan hingga 21 Februari 2024 mendatang.

Ketua Panwaslu Kecamatan Sorawolio, Halili Harisa menyatakan, pada 22 Januari 2024 jumlah anggota Pengawas TPS yang dilantik sebanyak 24 orang untuk kecamatannya sesuai dengan jumlah TPS yang ada. Ia menekankan bahwa jumlah PTPS juga sebanding, yakni 24 peserta.

Dengan tersisa waktu kurang lebih 22 hari, ia berencana untuk memaksimalkan kinerja jajarannya. Ia juga menjelaskan bahwa anggota PTPS terpilih dipilih berdasarkan kemampuan dan integritas tinggi.

“Jadi mereka ini dipilih melalui wawancara yang menyoroti aspek integritas, kejujuran, kemampuan organisasi, pengetahuan kepemiluan, dan kemampuan membangun kerjasama tim,” ucapnya kepada Telisik.id di gedung serba guna Kelurahan Bugi, Kecamatan Sorawolio.

Baca Juga: Hujan Deras di Baubau, Pohon Tumbang Sebabkan Mobil Truk Tertancap Tanah

Sebanyak 24 anggota Pengawas TPS di Kecamatan Sorawolio dilantik dan mengambil sumpah. Selain pelantikan, mereka juga menerima pelatihan bimbingan teknis untuk meningkatkan pemahaman terkait pengawasan Pemilu 2024, dengan harapan agar proses pemilu berjalan dengan baik.

Seorang Pengawas TPS di Kecamatan Sorawolio, Nur menyampaikan, pelantikan dan pengambilan sumpah telah dilakukan.

"Semoga Pemilu 2024 dapat berjalan lancar tanpa hambatan," harapnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga